Indonesia, Peringkat Kedua Pengguna Opera Mini di Dunia

opera miniJAKARTA, PCplus – Belum lama ini Jeremy Calvin ditunjuk sebagai duta besar Opera di Indonesia. Musikus muda ini merupakan duta besar Opera pertama di dunia. Sebenarnya berapa banyak ya pengguna Opera di Indonesia sampai Opera merasa perlu ada duta besar?

Ternyata, menurut Laporan State of the Mobile Web 2014 yang dilakukan Opera Software, lebih dari 30 juta penduduk Indonesia menggunakan Opera Mini. Indonesia, tulis laporan itu, menjadi rumah kedua terbesar bagi komunitas Opera Mini di dunia. Rumah pertama Opera Mini adalah negara India.

Laporan ini dikeluarkan Opera berasarkan informasi aktivitas browsing pengguna Opera Mini di tanah air mulai Juli 2013 sampai Juli 2014. Dalam laporan dituliskan, pengguna Opera mini terbesar berasal dari smartphone Android yang tumbuh sekitar 156% antara bulan Juli 2013 hingga Juli 2014. Sementara Opera Mini iOS tumbuh sekitar 71% pada periode yang sama, diikuti dengan pertumbuhan Blackberry sekitar 54%.

Dalam laporan juga disebutkan kalau Samsung menjadi perangkat Android yang paling banyak dipilih pengguna Opera Mini. Samsung mendapatkan 42% suara, diikuti oleh brand lokal Advan (13%), Sony (11%), Smartfren (10%), dan EVERCOSS (9%).

 

Sementara topik yang paling banyak diminati adalah hukum, pemerintahan dan politik.

Tanggapan Kamu

komentar