Mall Pacific Place Jakarta Jadi yang Pertama Gunakan Teknologi Bluetooth Beacon

Redmer Schukken, CEO of Ice House dan Raymond Tjandra, Marketing Communication Coordinator of Pacific Place

Redmer Schukken, CEO of Ice House dan Raymond Tjandra, Marketing Communication Coordinator of Pacific Place

Jakarta, PCplus – Pacific Place (PP) sebagai salah satu tempat perbelanjaan papan atas di Jakarta menawarkan aplikasi berbasis lokasi terbarunya, Pacific Place App. Lewat aplikasi terbarunya ini, PP menawarkan Treasure Hunt dan fitur Photo Stream. Seperti namanya, lewat fitur Trasure Hunt kamu diajak untuk berkeliling mall untuk menemukan “harta karun” di lokasi tertentu. Sementara dengan Photo Stream kamu bisa mengunggah foto yang diambil di sekitar PP untuk diunggah ke laman Facebook PP.

Aplikasi ini menggunakan teknologi Bluetooth Beacon. Ini adalah teknologi berbasis bluetooth low energy (BLE) generasi keempat yang lebih hemat energi. Pada teknologi Bluetooth Beacon, sinyal bluetooth yang dipancarkan dan ditangkap oleh perangkat Buetooth aktif lainnya digunakan untuk menentukan lokasi perangkat itu. Dalam perkembangannya, kemampuan ini lantas digunakan bernavigasi dari perangkat penerima sinyal menuju lokasi pemancar sinyal. Namun, sebab Bluetooth punya daya jangkau pancaran yang terbatas, maka navigasi hanya bisa dilakukan diarea dengan luas tertentu. Maka tak heran kalau teknologi ini disebut sebagai teknologi micro-location.

Memanfaatkan kemampuan Bluetooth Beacon untuk melakukan navigasi micro-location inilah, PP merancang permainan Treasure Hunt. Dimana dengan teknologi ini, pengunjung PP bisa melakukan misi berbasis lokasi ke berbagai beacon yang disebar diberbagai merchant dan lokasi di PP. Bagi Pacific Place sendiri, teknologi ini membantu memantau pergerakan pengunjung di seluruh mal. Tentu saja jika mereka mengaktifkan dan menggunakan Bluetooth Beacon mereka.

Aplikasi yang dibangun berkat kerjasama Pacific Place dengan Ice House. Ice House adalah developer aplikasi yang berbasis di Jakarta dan Silicon Valley. Sebelumnya Ice House juga merancang aplikasi, seperti Guvera, Wego, Uniq, Footprintsmd, Star Trek, dan Popular. Pacific Place Jakarta digadang-gadang menjadi mall pertama di Asia Pasifik yang telah memanfaatkan Bluetooth Beacon bagi pengunjungnya, seperti disebutkan Raymond Tjandra, Marketing Communication Coordinator dari Pacific Place Jakarta.

Tanggapan Kamu

komentar