Perusahaan HP akan Dipecah Dua

hp pecahJAKARTA, PCplus – Siapa tak kenal HP? Di tanah air, printer HP sangat populer. Belum lama juga hadir tablet-tablet HP, antara lain HP Slate. Sementara itu HP  juga ternama di kalangan enterprise untuk urusan service dan hardware. Namun perusahaan ini akan membelah diri.

Bisnis PC dan printernya yang sukses itu akan dipisahkan dari operasi hardware dan service. Lalu apa ya nama kedua perusahaan baru itu nanti? Apakah satu bernama Hewlettt dan lainnya Packard?

Perusahaan yang terdiri dari bisnis infrastruktur teknologi enterprise HP, software dan service akan bernama Hewlett-Packard Enterprise. Sedangkan yang mengurusi bisnis printer dan PC akan bernama HP Inc. Logo perusahaan ‘lama’ akan dipertahankan oleh HP Inc.

Menurut HP, pemisahan perusahaannya ini dimaksudkan agar perusahaan bisa fokus pada bisnis-bisnis yang sedang bertumbuh cepat.

Segera setelah proses perusahaan baru itu selesai (diperkirakan akhir tahun fiskal 2015), para pemegang saham HP akan memiliki saham dari Hewlett-Packard Enterprise dan HP.

“Pengumuman ini datang ketika HP mendekati tahun keempat dari rencana turnaround lima-tahunnya. Selama ini, perusahaan telah sukses dengan obyektif turnaround-nya, mempertahankan para kustomer dan mitra di lini depan,” kata HP. “HP telah menyalakan kembali jaringan inovasinya, memperkuat kemampuan go-to-market, membangun ulang neraca keuangannya, dan menginspirasi para pekerja dan tim manajemennya. Perusahaan sekarang berada di posisi untuk mempercepat kinerja, menggerakkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menunjukkan kepemimpinan industri yang jelas di area-area kunci.”

President dan CEO HP saat ini, Meg Whitman akan tetap mempertahankan jabatannya di HP Enterprise, tetapi ketika proses pemisahan tuntas, Whitman juga akan bertindak sebagai dewan direksi di HP Enterprise. Pat Russo akan pindah dari Lead Independent Director HP menjadi Chairman of Hewlett-Packard Enterprise.

Dion Weisler, EVP dari printing and personal systems business HP akan memimpin HP Inc. sebagai presiden dan CEO. Whitman akan bertindak sebagai non-executive Chairman dari dewan direksi HP Inc.

“HP Inc. akan menjadi perusahaan cetak dan personal systems pemimpin dengan roadmap yang kuat ke teknologi-teknologi baru yang paling menarik, seperti pencetakan 3D dan pengalaman-pengalaman komputasi baru,” kata HP.

Tanggapan Kamu

komentar