Tidak Ada 9, Microsoft Langsung ke Windows 10

windows-101

Jakarta, PCplus – Lupakan kalau kamu sedang menunggu hadirnya Windows 9 yang digadang-gadang bakal jadi penerus Windows 8/8.1. Sebab, Microsoft akan langsung merilis Windows 10, sistem operasi baru yang disebut sebagai generasi baru sistem operasi PC.

Dikutip dari situs resmi Microsoft, technical preview dari Windows 10 bisa mulai diunduh pada hari ini (1 Oktober 2014) berbarengan dengan dikenalkannya Windows Insider Program (WIP). WIP sendiri merupakan sebuah program pengembangan Windows secara kolaboratif untuk bisa menghasilkan sistem operasi yang tepat guna dan bisa memenuhi kebutuhan pemakainya.

“Windows 10 mewakili langkah awal dari generasi baru Windows, dengan membuka pengalaman baru dalam bekerja, bermain dan terkoneksi bagi pelanggan,” kata Terry Myerson (Executive VP of Operating System Group, Microsoft). “Ini akan jadi sistem operasi kami yang paling komprehensif sekaligus rilis terbaik yang pernah dibuat Microsoft untuk pelanggan bisnis, dan kami akan terus bekerja sama dengan komunitas Windows untuk melahirkan Windows 10 beberapa bulan ke depan,” lanjut Terry.

Tech-Preview_Start-menu

Apa yang baru?

Kira-kira, fitur apa yang bakal disematkan Microsoft di sistem operasi anyarnya ini? Situs Microsoft memberi bocoran beberapa diantaranya.

Windows 10 dikatakan mampu beradaptasi dengan perangkat apapun, dari mulai XBox sampai PC, smartphone sampai tablet termasuk gadget mini. Microsoft akan menyamakan pengalaman penggunaan OS ini di semua perangkat tadi. “Mulai perangkat yang terhubung ke internet, sampai pusat data perusahaan enterprise, didukung penuh Windows 10,” jelas Microsoft di situsnya.

Meski mampu berjalan di beragam jenis perangkat, Windows 10 sudah didesain untuk mejawab tantangan bisnis modern. Ini termasuk di dalamnya keamanan kelas enterprise serta fitur pelindung identitas dan informasi. Windows 10 juga bakal mampu mencegah hilangnya data dengan cara memisahkan data di level aplikasi dan file.

Di luar fitur-fitur itu, Microsoft juga menunjukkan beberapa hal baru yang dipercaya bisa meningkatkan fleksibilitas, navigasi serta adaptasi dari Windows 10, antara lain:

  1. Start Menu yang dikembalikan dan ditambah perluasan fitur sehingga pengguna bisa melakukan kustumisasi terhadap aplikasi favorit yang tampil. Start Menu ini nantinya juga akan menampilkan Live Tile khas Windows.
  2. Aplikasi dari Windows Store sekarang akan dibuka di jendela yang sama dengan program yang berjalan di versi Desktop. Mereka bisa dipindahkan, diibesarkan serta dikecilkan ukuran jendelanya.
  3. Penyempurnaan Snap. Ini untuk mereka yang sering menggunakan banyak jendela ketika bekerja. Windows 10 mendukung tampilan hingga 4 aplikasi secara simultan di dalam layar yang sama. Windows juga akan menampilkan aplikasi lain yang sedang berjalan untuk ditambahkan ke dalam snap ini, serta memberikan saran penambahan aplikasi jika ada tempat snap yang kosong.
  4. Kontorl Task lebih mudah dengan ditambahkannya tombol Task View baru di task bar. Kamu jadi bisa melihat semua aplikasi dan file yang sedang dibuka dan berpindah diantara aplikasi tersebut dengan cepat.
  5. Multi desktop. Untuk menghindari bertumpuknya jendela aplikasi di satu tampilan desktop, Windows 10 menyediakan ruang desktop tambahan untuk  membantu mengerjakan tugas lain.

Nah, kalau kamu mau coba peruntungan sebagai yang pertama mencoba Windows 10 ini silahkan daftar ke Windows Insider Program di http://preview.windows.com/ . Ada baiknya kamu termasuk dalam kategori pengguna expert atau profesional yang merupakan syarat pendaftaran.

Tech-Preview_Virtual-desktop

Tanggapan Kamu

komentar