Aplikasi Instant Messenger Alternatif di Android

ilustrasi-chat

Kehadiran smartphone telah membawa tren baru dalam hal komunikasi. Tidak hanya bertelepon dan SMS saja, memanfaatkan koneksi internet, pengguna bisa berkirim pesan berbasis teks, suara, bahkan video. Meski sudah cukup banyak hadir aplikasi instant messenger ternama seperti BBM, WhatsApp, LINE, sampai Yahoo Messenger, tetapi hal ini tidak menyurutkan para pengembang lain untuk menghadirkan aplikasi tandingan sejenis. Dengan banyaknya pilihan tersebut, kamu bisa mencoba untuk mendapatkan pengalaman lain yang sedikit berbeda dibanding aplikasi instant messenger yang sudah populer. Berikut diantaranya:

1. BeeTalk

beetalk

BeeTalk banyak menyertakan kemudahan dalam hal menambah pertemanan. Jika kamu termasuk pengguna baru dan kebingungan mencari teman, BeeTalk akan mencarikannya untuk kamu melalui nomor kontak telepon, kontak Facebook, BeeTalk ID serta rekomendasi melalui fitur Look Around. Fitur ini akan mendeteksi keberadaan pengguna BeeTalk lainnya berdasarkan lokasi terdekat dari posisi dimana kamu berada. Begitu pula dengan fitur Shake dimana cukup menggoyangkan smartphone untuk menambah teman. Ini belum termasuk fitur baru yaitu Klub yang mirip dengan Grup pada Whatsapp. Selain itu kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang tersedia sesuai dengan minat dan tema yang diusung. Fitur lain yang menjadi andalan yaitu mode bisikan (Whisper) dimana merupakan pesan yang secara otomatis akan hilang setelah beberapa detik. BeeTalk juga menyediakan banyak pilihan stiker yang sudah langsung tersedia secara gratis.

2. Mangga Messenger

mangga
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Mangga Messenger sudah ada sejak 2011 dimana awal kehadirannya memang eksklusif hanya diperuntukkan bagi pengguna Telkomsel. Kini Mangga bisa digunakan oleh siapa saja dan hadir di berbagai platform. Sayangnya Mangga Messenger hanya bisa digunakan antar pengguna Nokia, Android, serta Blackberry saja. Mangga Messenger sendiri menawarkan layanan untuk berkirim pesan, gambar, audio, video, serta file. Aplikasi ini terintegrasi pula dengan Facebook Chat, sehingga kamu bisa menjalankannya berbarengan dengan Mangga Messenger. Pertemanan dibagi menjadi tiga kelompok yang terdiri dari sesama pengguna Mangga, Facebook, dan dari nomor kontak telepon. Khusus untuk nomor kontak, kamu mesti mengundang mereka dulu untuk mendaftarkan akun di Mangga untuk mendapatkan fasilitas chat gratis. Yang menarik, terdapat dua fitur baru yaitu Cuaca yang menampilkan informasi singkat seputar cuaca dan fitur Terjemahan untuk menterjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris dan sebaliknya.

3. Path Talk

pathtalk

Merupakan ‘sempalan’ dari jejaring sosial Path, Path Talk memiliki konsep yang sama dengan Path. Messenger ini merupakan ajang berkomunikasi antar pengguna Path yang terdiri dari orang-orang terdekat saja. Hal inilah yang membuatnya lebih private dan eksklusif. Untuk menggunakannya, kamu cukup login memasukkan akun Path atau mendaftar dari awal. Path Talk tidak hanya bisa berkirim pesan lewat teks ataupun suara, tetapi juga lagu, foto, serta lokasi. Menariknya, Path Talk menyediakan bermacam jenis musik dari server mereka, dan kamu bisa berbagi lagu tersebut dengan teman atau kerabat. Selain mencari pertemanan lewat akun Path, aplikasi ini juga bisa mencari teman secara otomatis melalui nomor kontak telepon yang Anda miliki.

4. Tango – Text, Voice, Video Calls

tango
Tango menawarkan semua kemudahan komunikasi dari berbagai mode, mulai berkirim pesan teks, gambar, suara, video, dan juga voice chat hingga video call. Khusus voice chat, pengguna bisa melakukannya seperti telpon biasa atau menggunakan metode PTT (Push To Talk). Tidak hanya itu, terdapat pula fitur games yang bisa dimainkan secara sendiri ataupun bersama-sama dengan pengguna Tango lainnya. Jika ingin menambah teman, Tango menawarkan mode invite berdasarkan email dan nomor telpon pengguna Tango yang sudah terdaftar serta tersedia 6 metode pencarian pertemanan. Berkirim gambar mungkin sudah biasa, namun Tango memiliki fitur penyunting sederhana sebelum mengirim suatu gambar. Dengan fitur ini memungkinkan untuk membuat dan mengirim sebuah kartu ucapan menarik. Tango juga menyediakan beberapa pilihan emoticon lucu yang menghibur. Yang berbeda saat emoticon digunakan saat melakukan chatting, animasinya akan tampil dan bergerak secara 3 dimensi.

5. Viber

viber
Viber termasuk salah satu layanan yang populer dimana jumlah pengguna aktifnya hingga saat ini telah mencapai 400 juta orang yang tersebar di 193 negara. Layanan Viber bisa dijalankan dari berbagai perangkat berbeda. Aplikasi yang mendukung sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, Blackberry, Bada, dan pengguna Nokia ini, juga bisa dipasang pada komputer berbasis Windows, Mac, dan Linux. Viber menawarkan kemudahan pengoperasian. Salah satunya yaitu kamu tidak perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan akun. Saat terpasang, aplikasi ini akan mendeteksi pengguna dari daftar kontak yang telah memasang Viber. Fitur Viber Out bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon ke pengguna non-Viber, namun Anda mesti memiliki kredit dengan tarif terlalu. Viber mampu menampilkan kualitas suara yang jauh lebih jernih dibanding telepon konvensional. Namun hal ini berlaku selama kedua pengguna memiliki koneksi yang stabil dan cepat. Selain jaringan 3G, Viber juga bisa digunakan melalui koneksi WiFi.

6. Catfiz Messenger

catfiz
Banyaknya aplikasi instan messenger tidak membuat pengembang asal Surabaya ini urung menghadirkan aplikasi Catfiz. Diluncurkan pada November 2012, Catfiz terus mengalami perkembangan serta banyak digunakan tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga negara lain. Aplikasi ini sudah diunduh di lebih dari 151 negara dimana 73 diantaranya merupakan pengguna aktif. Aplikasi ini menggunakan nomor PIN untuk mengenali identitas pengguna, mirip dengan BBM. Tidak heran, Catfiz kerap disebut pula sebagai pesaing BBM berkat tampilan dan beberapa fitur yang dihadirkannya. Asiknya, Catfiz memberikan nomor PIN berdasarkan IMEI dari smartphone. Jika kamu pernah memasang dan menghapusnya, kemudian memasangnya kembali di perangkat yang sama, maka kamu bisa langsung login menggunakan akun sebelumnya.

7. Stealth – Unbreakable Chat

stealth
Menggunakan tajuk Unbreakable Chat, Stealth merupakan aplikasi chat yang mengedepankan keamanan. Stealth akan membuat komunikasi yang dilakukan menjadi lebih aman dan privat. Oleh karena itu Stealth merupakan aplikasi chat yang paling aman dan tidak bisa disadap. Stealth menyajikan kontrol sekuriti dan privasi tapi tetap menawarkan kemudahan pakai layaknya aplikasi lain seperti WhatsApp. Karena itu, Stealth tidak menyimpan pesan atau foto apa pun di server-nya dan juga tidak akan mengirim address book atau informasi lain dari perangkat penggunanya ke server. Aplikasi ini secara otomatis melakukan pencarian nama pengguna dalam phone book pengguna dan memungkinkan pengguna melakukan panggilan secara langsung dari dalam aplikasi Stealth. Aplikasi ini mengharuskan penggunanya melakukan login sebelum bisa melakukan percakapan.

Tanggapan Kamu

komentar