Downgrade Aplikasi Android ke Versi Sebelumnya

Mengetahui cara downgrade aplikasi Android bisa membantu kamu di saat darurat. Sebab pembaruan (update) aplikasi kadang tidak berjalan sesuai rencana.

Alih-alih ingin meningkatkan kinerja aplikasi, bisa jadi malah membuat kinerjanya malah menurun, atau yang lebih menyebalkannya lagi pembaruan tersebut malah menyebabkan error. Jika hal ini terjadi mungkin kamu menyesal telah melakukan update tersebut.

Bagi yang pernah mengalami masalah tersebut, ada solusi mudah agar kamu bisa mengembalikannya ke versi lama. Cara ini membutuhkan sedikit trik karena aplikasi yang telah terpasang tidak bisa didowngrade menggunakan cara biasa. Barikut beberapa cara yang biasa kamu lakukan:

Downgrade dari Android

Meski tidak semua aplikasi menawarkan proses penghapusan update, namun ada beberapa diantaranya yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penghapusan update secara langsung. Contoh aplikasi yang menawarkan fungsi penghapusan update diantaranya yaitu Facebook. Dengan adanya fungsi ini prosesnya terbilang mudah, caranya:

  • Masuk ke Settings>Device>Apps>Facebook, tekan dan kamu bisa melihat pilihan paling atas yaitu Uninstall updates. Tekan tombol ini dan kamu akan kembali ke Facebook versi terakhir sebelum terpasang versi updatenya.
Downgrade Aplikasi Android
Cari dari situs pihak ketiga

Jika tidak bisa melakukan cara pertama tadi, ada solusi lainnya yaitu dengan mengunjungi situs pihak ketiga yang menawarkan berbagai aplikasi versi lawas. Dan situs yang bisa dicoba yaitu Xeeapk. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hapus aplikasi yang dituju agar nantinya kamu bisa memasang aplikasi versi lama secara utuh. Masuk ke Settings>Device>Apps. Dari sini pilih aplikasi (contohnya Instagram), tekan Instagram dan pilih Uninstall.
  • Proses instalasi dari luar Play Store membutuhkan aktivasi fungsi keamanan agar sistem bisa melakukan instalasi file APK. Masuk ke Settings>Security, beri tanda centang pada Unknown sources. Klik OK untuk konfirmasi.
  • Buka peramban dan masuk ke situs Xeeapk dengan mengetikkan alamat http://xeeapk.com. Cari aplikasi yang diinginkan. Sebagai contoh, ketikkan Instagram pada kolom Search dan tekan Go.
  • Hasil pencarian akan menampilkan seluruh aplikasi Instagram dari berbagai versi. Perhatikan kode versi untuk memastikan versi yang hendak digunakan. Selanjutnya tekan aplikasi tersebut untuk proses selanjutnya.
  • Geser ke bawah hingga tampil link Download. Tekan Download untuk mengunduh. Kamu juga bisa mendapati daftar aplikasi Instagram dengan berbagai versi lainnya.
  • Setelah selesai, arahkan ke folder dimana kamu mengunduh file APK tadi. Kamu bisa melakukannya menggunakan aplikasi File Manager. Tekan file APK tersebut dan akan tampil jendela untuk proses instalasi. Tekan Install dan proses pemasangan akan berjalan hingga selesai.
  • Sekarang kamu telah menggunakan aplikasi Instagram lawas sesuai dengan versi yang diinginkan.

Baca Juga: Aplikasi Emulator Android di Komputer

Demikian trik downgrade aplikasi Android, semoga sekarang aplikasi kamu bisa kembali normal ya.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Recent Posts

Cara Mining Bitcoin Gratis Lewat Handphone

Tak hanya mining, di dalam aplikasi tersebut kita bisa juga membeli, menjual, menukar, hodl, belajar…

2 hours ago

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

6 days ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

2 months ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

2 months ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

2 months ago

Tiktok Hadirkan Fitur Penjadwalan Video, Seperti Ini Caranya

Sudah tahu fitur penjadwalan video TikTok? Kami mengetahuinya beberapa Minggu lalu, tepatnya bulan Februari akhir.…

2 months ago