Categories: Berita Teknologi

Tunjuk Mitra Bisnis, Dassault Incar Pasar Energi

ki-ka: Managing Director Dasssault Systemes Samson Khou, Vice President EPU Dassault Systemes Stephane Declee dan CEO Talian Infodinamika Seno Hardijanto usai penandatanganan mitra bisnis Dasssault Systemes di Jakarta (28/10/2014)

JAKARTA, PCplus – Asing dengan nama Dassault Systemes? Ia adalah perusahaan penyedia software desain 3D, 3D Digital Mock Up dan solusi Product Lifecycle Management  asal Perancis. Di tanah air, produknya sudah dipakai antara lain oleh industri penerbangan seperti PT Dirgantara Indonesia dan Regio Aviasi Indonesia, juga industri otomotif seperti supply chain Toyota dan Honda, maupun perusahaan Bukit Assam.

 

Akan tetapi Dassault juga ingin memiliki mitra bisnis yang mengerti dan berpengalaman di industri energi, sumberdaya alam dan pertambangan untuk memperluas jangkauannya di Indonesia. Begitu ungkap Samson Khou (Managing Director Dassault Systemes) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (28/10/2014). “Energi merupakan tantangan bagi sektor pemerintah dan swasta, apalagi dengan cepatnya pertumbuhan infrastruktur di Indonesia,” kata Khou.

Loh apa hubungannya software 3DExperience dengan energi? “3D tidak hanya dipakai untuk mendesain, tapi juga untuk mendukung penerimaan proyek, misalnya untuk menyiapkan proyek ke pihak berwewenang, untuk validasi, konstruksi dan pengendalian biaya on time. Juga untuk decommission,” jelas Stephane Declee (Vice President, Energy, Process & Utilities, Dassault Systemes). “Bisa jelaskan aset oil & gas dalam dunia nyata,” tambahnya.

Maka hari itu, diperkenalkanlah PT Talian Infodinamika sebagai mitra bisnis Dassault untuk melayani industri energi, proses dan utilitas di tanah air. Talian yang pada 15 Oktober lalu mendapatkan penghargaan Rintisan Teknologi dari Kementerian Industri itu bertugas menawarkan portofolio produk Dassault kepada para langganannya: perusahaan listrik, penyedia listrik independen, eksplorasi minyak dan gas, sapai manufaktur petrokimia dan semen.

“Kami melihat peluang di energi, minyak dan gas. Datanya luar biasa. Bagaimana bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri (negara), seperti anjungan minyak, platform, dan bukan cuma menjadi beban biaya,” kata Seno Hardijanto (CEO, PT Talian Infodinamika)

Menurut Stephane, 3Dexperience platform-nya mampu mengombinasikan data terstruktur dan tidak terstruktur yang tersebar di berbagai platform. “Bisa pahami kompleksitas data tak terstruktur. Melakukan pencarian, seperti search engine dari semua data. Bisa menempatkan big data dalam konteks yang dapat dipahami,” katanya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Recent Posts

Manfaatkan dlvr.it untuk Jadwal Posting di Instagram

Penyedia layanan manajemen media sosial yang bernama dlvrit ini memiliki fitur untuk bikin jadwal posting…

4 days ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Gaming Pertama dengan 11th Gen Intel Core H Series di Indonesia

ASUS hari ini memperkenalkan laptop gaming pertama yang ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core H-Series…

2 months ago

ASUS TUF Dash F15 (FX516), Laptop Terbaik untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa.…

2 months ago

Tren Scan Barcode (QR Code) Bagi Industri Pariwisata Indonesia

Semua teknologi pada akhirnya ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkannya. Apalagi masa pandemi begini, sentuhan…

2 months ago

Tiktok Hadirkan Fitur Penjadwalan Video, Seperti Ini Caranya

Sudah tahu fitur penjadwalan video TikTok? Kami mengetahuinya beberapa Minggu lalu, tepatnya bulan Februari akhir.…

2 months ago

Apakah Itu ASUS Intelligence Performance Technology (AIPT) ?

Ada hal menarik yang membuat akhirnya kami membawanya dalam satu halaman saat ASUS memperkenalkan laptop…

2 months ago