Cara Mudah Manajemen Data di Android dari Komputer Menggunakan SnapPea

ilustrasi-snappea

Jika merasa kesulitan mengatur file, folder, serta melakukan backup pada perangkat Android karena fisiknya yang kecil, atau fungsi layar sentuh kurang yang bersahabat, tidak ada salahnya melakukan itu semua melalui komputer desktop. Dengan bantuan aplikasi SnapPea, kamu bisa menghubungkan antara perangkat Android dan komputer desktop. SnapPea akan memindahkan fungsi manajemen aplikasi pada Android agar memudahkan segala pengaturan melalui komputer. Jadi segala fungsi tersebut mirip dengan yang ada pada Android. Cara penggunaannya mudah dan mampu bekerja dengan baik. Berikut feature yang ditawarkan serta cara penggunaan:

Pasang SnapPea

01-satu

Untuk menghubungkan SnapPea, lakukan instalasi terlebih dahulu pada komputer dengan mengunduh file melalui http://www.snappea.com/windows. Nantinya SnapPea pada komputer akan memasang versi Androidnya secara otomatis setelah kamu menghubungkannya melalui kabel USB. Setelah berhasil terhubung, tekan tombol Link untuk menyelaraskan data di Android ke komputer. Tunggu hingga proses selesai karena komputer juga akan melakukan backup data Android.

Kelola Apps

02-dua

Pada kategori Apps, kamu bisa melakukan manajemen file dengan mudah. Pada kategori Apps, akan tampil beberapa aplikasi yang telah terpasang dan bisa dipindahkan ke memori internal atau menghapusnya. Yang menarik, semua itu bisa dilakukan secara bersamaan dan bukannya satu persatu sehingga lebih cepat dan mudah. Kamu juga bisa melakukan backup aplikasi yang terpasang dan dipindahkan ke desktop melalui fungsi Export. Jika mengunduh file APK secara terpisah, bisa diinstal dari sini. Kamu bisa mengumpulkan beberapa file APK dan memasangnya sekaligus. Tekan Install Apps, arahkan ke folder penyimpanan file APK. Pilih aplikasi yang ada, dan tinggal tekan Install.

Kelola daftar kontak

03-tiga

Kategori Contacts bisa kamu manfaatkan untuk menyunting nomor kontak telpon atau email. Jika ingin menyunting, tinggal klik nama yang ada dan pilih Edit. Untuk melakukan backup bisa memilih fungsi Import dan menyimpan ke dalam format serta direktori yang diinginkan. Klik Export jika ingin mengembalikannya ke Android. Menambahkan nama dan nomor kontak juga bisa dilakukan dengan mengetikkannya pada fungsi Add contact.

Ketik SMS

04-empat

Jika malas mengetik SMS melakui tombol sentuh Android, kamu bisa mengetikannya dari sini dengan memilih fungsi Send. Pada kategori Messages kamu juga bisa melihat isi SMS yang ada dan melakukan backup.

Kelola file multimedia

05-lima

Kamu bisa menambahkan lagu-lagu favorit ke Android dari file yang ada di komputer melalui fungsi Import songs. Tinggal klik fungsi ini dan jelajah folder musik yang diinginkan. Pada kategori Pictures, akan ditampilkan kumpulan foto atau gambar yang ada secara thumbnail serta layaknya slideshow. Akan terdapat pula tombol yang memudahkan untuk langsung berbagi ke akun Facebook atau untuk dijadikan wallpaper Android. Begitu pula dengan kategori Video yang memiliki fungsi yang sama.

Backup data

06-enam

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu bisa memanfaatkan fungsi Backup. Fungsi ini akan mendeteksi seluruh data di Android yang terpisah ke dalam tiga kategori yaitu Contacts, Messages, dan Apps. Nantinya data ini akan tersimpan di komputer sehingga lebih aman jika Android kamu terhapus. Klik Start Backup untuk memulai. Nantinya jika ingin mengembalikan data tersebut, tinggal jalankan fungsi Restore.

Kategori Download

07-tujuh

SnapPea juga memudahkan untuk mengunduh aplikasi serta konten langsung dari sini. Jika pada perangkat Android hanya bisa mengunduh langsung dari Google Play Store, maka disini disediakan pula tautan untuk mengunduh aplikasi yang disediakan dari pihak ketiga melalui kategori Apps, Games, dan Wallpaper.

Jelajah media simpan

Kamu juga bisa melihat seluruh isi data pada media simpan internal atau eksternal secara manual. Caranya tekan fungsi Welcome, klik fungsi Manage SD card pada bagian kanan bawah. Meski tidak terdapat pilihan untuk melihat isi konten pada media simpan intenal, kamu tetap bisa melakukannya melalui window explorer. Caranya, klik Sdcard, setelah terbuka, klik ikon Back.

Tanggapan Kamu

komentar