Pilihan Cara Mengakses Safe Mode di Windows 8 dan 8.1

ilustrasi-safemode

Windows 8.1 menghadirkan banyak perubahan dan perbaikan serta penggunaan beberapa fungsi yang berbeda dengan versi Windows 8. Salah satunya yaitu untuk mengakses Safe Mode. Safe Mode terkadang diperlukan jika sistem operasi Windows mengalami masalah, terutama yang berhubungan dengan software atau driver. Pada Windows versi sebelumnya, untuk mengakses Safe Mode kamu tinggal menekan tombol F8 sebelum tampilan startup dimulai yang mana hal itu tidak berlaku lagi pada Windows 8 dan 8.1. Berikut beberapa cara untuk mengakses Safe Mode di Windows 8 dan 8.1 (yang beberapa diantaranya memiliki cara yang sedikit berbeda):

Cara Pertama (berlaku di Windows 8 dan 8.1)

satu

Cara yang bisa dibilang paling mudah yaitu menggunakan tool bawaan Windows menggunakan perintah msconfig. Kamu tinggal tekan tombol kombinasi Windows+R, ketikkan msconfig dan tekan enter. Masuk ke tab Boot dan aktifkan Safe boot dan Minimal. Klik Apply dan OK lalu lakukan restart.

Cara Dua (berlaku di Windows 8 dan 8.1)

1. Tekan tombol Windows+I untuk mengakses menu sidebar dan klik tombol Power. Tekan tombol Shift sambil klik fungsi Restart. Nantinya kamu akan mendapati layar berwarna biru dengan pilihan menu Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Kamu bisa memilih Troubleshoot>Advanced Options.

tiga

2. Pada menu ini, pilih Startup Settings. Akan terlihat daftar pilihan yang akan ditampilkan saat proses restart Windows. Klik Restart untuk memulainya. Setelah restart akan muncul pilihan Startup Settings yang diantaranya terdapat pilihan Safe Mode. Untuk memilih salah satunya, kamu bisa menekan tombol F1 hingga F9 sesuai pilihan. Dan Safe Mode bisa kamu aktifkan dengan menekan tombol F4.

empat

Cara Tiga (berlaku di Windows 8 dan 8.1)

tujuh

Arahkan mouse ke pojok kanan bawah hingga tampil menu Charm bar (atau tekan tombol Windows+C). Klik Settings>Change PC Settings>General>Advanced Startup. Klik Restart now dan otomatis akan restart dan langsung masuk ke Safe Mode.

Cara Empat (berlaku di Windows 8 dan 8.1)

delapan

Seperti disebut sebelumnya, menekan tombol F8 saat komputer dinyalakan sudah tidak berlaku disini. Tapi Microsoft memiliki metode baru, yaitu dengan menekan tombol Shift dan menekan dengan cepat tombol F8. Cara ini memang agak sedikit sulit karena sistem operasi Windows 8 dan 8.1 menggunakan metode booting yang lebih cepat dibanding versi Windows lainnya. Bahkan kami pun beberapa kali sempat mengalami kegagalan mencobanya. Namun trik ini resmi berasal dari Microsft, dan kamu bisa mencobanya berulang kali. Jika berhasil, kamu akan mendapati halaman recovery mode. Klik See advanced repair options>Troubleshoot. Dan kamu akan masuk ke menu Advanced options. Hanya saja cara ini tidak bisa diterapkan jika komputer Anda menggunakan UEFI BIOS dan media simpan berupa SSD.

Tanggapan Kamu

komentar