Trik Downgrade Aplikasi Android ke Versi Sebelumnya

android-apps

Melakukan pembaruan (update) aplikasi memang disarankan karena biasanya para pengembang telah menambahkan beberapa feature baru ataupun perbaikan dari versi sebelumnya. Namun tidak semua hal tersebut berjalan sesuai rencana. Alih-alih ingin meningkatkan kinerja aplikasi, bisa jadi malah membuat kinerjanya malah menurun, atau yang lebih menyebalkannya lagi pembaruan tersebut malah menyebabkan error. Jika hal ini terjadi mungkin kamu menyesal telah melakukan update tersebut.

Bagi yang pernah mengalami masalah tersebut, ada solusi mudah agar kamu bisa mengembalikannya ke versi lama. Cara ini membutuhkan sedikit trik karena aplikasi yang telah terpasang tidak bisa didowngrade menggunakan cara biasa. Barikut beberapa cara yang biasa kamu lakukan:

Downgrade dari Android

Meski tidak semua aplikasi menawarkan proses penghapusan update, namun ada beberapa diantaranya yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penghapusan update secara langsung. Contoh aplikasi yang menawarkan fungsi penghapusan update diantaranya yaitu Facebook. Dengan adanya fungsi ini prosesnya terbilang mudah, caranya:

  • Masuk ke Settings>Device>Apps>Facebook, tekan dan kamu bisa melihat pilihan paling atas yaitu Uninstall updates. Tekan tombol ini dan kamu akan kembali ke Facebook versi terakhir sebelum terpasang versi updatenya.

satu

Cari dari situs pihak ketiga

Jika tidak bisa melakukan cara pertama tadi, ada solusi lainnya yaitu dengan mengunjungi situs pihak ketiga yang menawarkan berbagai aplikasi versi lawas. Dan situs yang bisa dicoba yaitu Xeeapk. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hapus aplikasi yang dituju agar nantinya kamu bisa memasang aplikasi versi lama secara utuh. Masuk ke Settings>Device>Apps. Dari sini pilih aplikasi (contohnya Instagram), tekan Instagram dan pilih Uninstall.
  • Proses instalasi dari luar Play Store membutuhkan aktivasi fungsi keamanan agar sistem bisa melakukan instalasi file APK. Masuk ke Settings>Security, beri tanda centang pada Unknown sources. Klik OK untuk konfirmasi.
  • Buka peramban dan masuk ke situs Xeeapk dengan mengetikkan alamat http://xeeapk.com. Cari aplikasi yang diinginkan. Sebagai contoh, ketikkan Instagram pada kolom Search dan tekan Go.

empat

  • Hasil pencarian akan menampilkan seluruh aplikasi Instagram dari berbagai versi. Perhatikan kode versi untuk memastikan versi yang hendak digunakan. Selanjutnya tekan aplikasi tersebut untuk proses selanjutnya.
  • Geser ke bawah hingga tampil link Download. Tekan Download untuk mengunduh. Kamu juga bisa mendapati daftar aplikasi Instagram dengan berbagai versi lainnya.

lima

  • Setelah selesai, arahkan ke folder dimana kamu mengunduh file APK tadi. Kamu bisa melakukannya menggunakan aplikasi File Manager. Tekan file APK tersebut dan akan tampil jendela untuk proses instalasi. Tekan Install dan proses pemasangan akan berjalan hingga selesai.
  • Sekarang kamu telah menggunakan aplikasi Instagram lawas sesuai dengan versi yang diinginkan.

Tanggapan Kamu

komentar