Xiaomi Siap Tumbangkan Apple dan Samsung

xiaomi-phoneJAKARTA, PCplus – Produsen ponsel asal Tiongkok, Xiaomi telah bertekad untuk menumbangkan Apple dan Samsung dari daftar produsen smartphone terbesar di dunia dalam waktu 5 – 10 tahun. Berangkat dari manufaktur yang nyaris tak dikenal pada tahun 2010, Xiaomi telah berhasil menancapkan kuku di pasar smartphone.
IDC pada kuartal 3 2104 menobatkan Xiaomi sebagai produsen smartphone ketiga terbesar di dunia dengan pangsa pasar 5,3%. Pangsa pasar Xiaomi ini naik 211% tahun demi tahun, sebelum ia ditumbangkan oleh Lenovo yang mengambil alih bisnis Motorola.
Perusahaan ini juga dianggap sebagai batu sandungan bagi penjualan smartphone Samsung yang merosot. Samsung menyebut handset perusahaan Tiongkok yang murah, maupun Apple iPhone 6, sebagai penyebab turunnya laba Samsung sebesar 60%.

Ponsel Xiaomi yang terjangkau harganya itu juga disebut-sebut sebagai pemicu pertumbuhan OS Android yang berkelanjutan.
Namun Xiaomi tak mau berhenti di situ. Perusahaan ini sesumbar akan menjadi produsen smartphone terbesar di dunia dalam waktu 5 – 10 tahun. Ia akan menggulingkan pemimpin pasar saat ini, yakni Samsung dan Apple yang masing-masing menguasai 25% dan 12% pangsa pasar dunia. Begitu kutip The Guardian.

Menurut Xiaomi chief executive dan founder Lei Jun, India menjadi pasar terbesar Xiaomi di luar Tiongkok. “Dalam 5 – 10 tahun, kami berpeluang menjadi perusahaan smartphone no.1 di dunia. Di tanah sihir ini, kami tidak hanya memproduksi perusahaan seperti Alibaba, tapi juga muzizat kecil seperti Xiaomi.”

Lei menambahkan bahwa perusahaannya diprediksi akan melipattigakan basis penggunanya tahun depan menjadi 200 juta.

Tanggapan Kamu

komentar