Menghindari Tanda Centang Biru di Whatsapp

Seperti PCplus pernah tulis, Whatsapp kini punya notifikasi centang biru. Centang biru akan muncul jika orang yang kamu kirimi pesan telah membaca pesan tersebut. Fasilitas ini terbilang penting karena kita jadi tahu status pesan kita.

Namun fasilitas ini memang seperti pedang bermata dua. Soalnya ada kondisi tertentu ketika kita ingin membaca pesan tersebut namun tidak ingin orang tahu kita telah membacanya. Contohnya ketika lagi dimarahin pacar atau ditagih utang, hehe..

Sayangnya, fasilitas centang biru ini bersifat wajib. Whatsapp tidak memberikan pilihan untuk menonaktifkan tanda centang biru itu. Situs SoftPedia menyebut Whatsapp saat ini sedang mengerjakan versi terbaru yang menyediakan pilihan untuk mematikan tanda ini. Tapi kabar itu belum dikonfirmasi pihak Whatsapp, jadi kita memang harus pasrah dengan keberadaan tanda centang biru itu.

Trus gimana? Nah, PCplus punya cara untuk menghindari tanda centang biru itu. Prosesnya memang agak ribet dan ada kekurangannya, namun setidaknya kamu bisa terhindar—meski sejenak—dari tanda biru itu. Yang penting pesan bisa kamu baca dan tanda centang biru tidak muncul.

Metode 1: Baca dari Jendela Notifikasi

Cara ini terbilang paling umum dan mudah. Setiap kali ada pesan Whatsapp, baca pesannya dari jendela notifikasi ini. Dengan cara ini, tanda centang biru tidak muncul.

Kekurangan Jendela notifikasi hanya menyediakan area terbatas. Jika pesannya panjang, isi pesan akan terpotong. Selain itu, ketika panel dipenuhi banyak notifikasi, bentuk notifikasi Whatsapp biasanya menjadi ringkasan. Contohnya “3 messages from 2 conversations”. Kalau sudah begini, hilangkan semua notifikasi dan ringkasan itu akan menjadi informasi yang lebih detail.

Jika notifikasi Whatsapp menyajikan info secara ringkas, hapus notifikasi lain. Dengan begitu, masing-masing pesan di Whatsapp akan terlihat.

Jika notifikasi Whatsapp menyajikan info secara ringkas, hapus notifikasi lain. Dengan begitu, masing-masing pesan di Whatsapp akan terlihat.

Metode 2: Downgrade Whatsapp

Tanda centang biru akan muncul jika kita menggunakan Whatsapp versi 2.11.432 ke atas. Jika kamu masih menggunakan Whatsapp generasi 2.11.426 ke bawah, kamu aman. Namun kalau sudah terlanjur upgrade, kamu harus melakukan downgrade Whatsapp. Kunjungi situs seperti Get Android Apps yang menyediakan Whatsapp generasi sebelumnya.

Kekurangan Cara ini akan membuat kamu gak bisa move-on ke Whatsapp generasi terbaru. Kamu memang aman dari tanda centang biru, namun kamu juga tidak bisa merasakan perbaikan Whatsapp di luar centang biru itu. Cara ini lebih cocok bagi kamu yang rela menunggu Whatsapp yang telah memiliki fasilitas meniadakan tanda centang biru.

Untuk mengunduh file Whatsapp generasi sebelumnya, download dari APK Server

Untuk mengunduh file Whatsapp generasi sebelumnya, download dari APK Server

Metode 3: Menggunakan Widget Whatsapp

Cara lain untuk membaca Whatsapp tanpa menimbulkan centang biru adalah dengan menggunakan widget. Cari widget di koleksi widget kamu dan pasang di homescreen. Supaya pesan yang diterima banyak, maksimalkan ukuran widget.

Cara ini mungkin adalah yang terbaik. Semua pesan akan tampil di homescreen tanpa kamu harus membuka Whatsapp. Jika pesannya banyak, kamu tinggal scroll jendela widget. Artinya, semua pesan bisa terbaca tanpa harus membuat tanda biru tercentang.

Dengan widget Whatsapp, kamu bisa menampilkan semua pesan tanpa harus menimbulkan tanda centang biru

Dengan widget Whatsapp, kamu bisa menampilkan semua pesan tanpa harus menimbulkan tanda centang biru

Nah, cara mana yang kamu pilih?

Tanggapan Kamu

komentar