Beberapa Catatan untuk Data Tahun Ini

Ellen_DegeneresJAKARTA, PCplus – Makin hari makin banyak data dihasilkan di seluruh dunia. Kamu yang berkicau di Twiter, update status di Facebook, pamer foto di Path, juga ikut berkontribusi dalam menghasilkan data loh!

Nah, mau tahu tidak apa saja banjir data yang ‘datang’ tahun ini? Dari setiap mobil di setiap balapan Grand Prix, tim F1 Sauber mengumpulkan sekitar 200GB data. Data telemetry ini dikirimkan langsung dari kendaraan (ada lebih dari 100 sensor) untuk dianalisis dan disesuaikan secara real time ke data center mobile NetApp.

Sementara itu pertandingan final FIFA World Cup 2014 mencatatkan rekor 618.725 tweet/menit dan 280 juta interaksi Facebook.

Olimpiade Musim Dingin di Sochi menghasilkan 102.000 jam siaran TV dan digital yang dinikmati 4,1 miliar penonton.

Raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, mengelola rata-rata 11,3 miliar pesanan/tahun dan 231 juta pembeli aktif.

Foto selfie Ellen DeGeneres dengan para selebriti terkenal di dalamnya yang dilakukan pada Academy Awards ke-86 diretweet sebanyak 2 juta kali sebelum siaran selesai, memecahkan rekor Twitter – dan Twitter itu sendiri untuk sesaat.

Ketika U2 menawarkan single mereka yang berjudul “Invisible” secara gratis selama satu jam pada sebuah iklan untuk Super Bowl XLVIII, lagu tersebut menghasilkan lebih dari satu juta unduhan iTunes.

Universitas São Paulo di Brazil mengimplementasikan private cloud pertama dan terluas di Amerika Latin dengan NetApp, Cisco dan Citrix dengan mengonsolidasikan 150 datacenter menjadi 6 datacenter sehingga kebutuhan storage turun sampai 90%, meskipun pertumbuhan data mencapai 300%.

Tanggapan Kamu

komentar