Hore, SSD Bertahan Lebih Lama dari Klaim Manufaktur

ssdJAKARTA, PCplus – Uji nonstop dari SSD (solid state disc) mengungkap bahwa banyak dari perangkat modern tersebut ternyata tahan ditulisi lebih lama daripada yang diharapkan.

Padahal selama ini kita diberitahu bahwa usia SSD lebih pendek dibandingkan hard disk yang berputar. Sebab memori punya keterbatasan kemampuan untuk ditulisi. Kebanyakan manufaktur SSD pun menawarkan garansi beberapa tahun sebelum perangkat itu menjadi tak bisa ditulisi dan data di dalamnya tak lagi bisa dihapus.

Namun para peneliti di The Tech Report mendapatkan bahwa beberapa merek SSD mampu bertahan ratusan tahun. Dua perangkat yang masih diuji bahkan sudah mencapai penulisan 2 petabyte. Total ada enam perangkat yang diuji, tetapi hanya dua yang masih berfungsi. Dua merek itu adalah Kingston HyperX 3K dan Samsung 840 Pro.

Dari keduanya, hanya Samsung yang belum melaporkan error apa pun. Namun Kingston mampu memindahkan data dari sektor-sektor yang rusak (damaged) tanpa menghilangkan data dan sejauh ini masih bekerja. Keduanya telah bekerja jauh dari klaim masa hidupnya.

Tanggapan Kamu

komentar