Ini Dia Tujuh Kejahatan Cyber 2015 Prediksi Kaspersky Lab

cybercrimeJAKARTA, PCplus – Seperti apa ya keamanan di dunia cyber tahun depan? Apakah makin aman? Atau justru tambah rawan?

Ah ternyata menurut Kaspersky Lab justru yang kedua. Para penjahat cyber akan semakin percaya diri.

Berikut adalah tujuh prediksi Kaspersky Lab tentang kemungkinan tindak kejahatan cyber pada tahun 2015. Prediksi ini adalah bagian pertama dari empat bagian dari Bulletin Kaspersky Security 2014.

1. Serangan terhadap sistem pembayaran virtual bisa meluas sampai ke sistem Apple Pay terbaru, yang menggunakan NFC (Near Field Communications) untuk menangani transaksi konsumen nirkabel.

2. Serangan terhadap ATM.

Tahun depan, begitu ramal Kaspersky Lab, penjahat cyber akan mengembangkan malware yang bisa menyedot uang langsung dari mesin ATM. Padahal sebelumnya mereka cenderung menyerang pengguna layanan perbankan yang dipandang sebagai link terlemah dalam rantai keamanan.

Peretas juga bisa melakukan transfer SWIFT dari berbagai rekening pelanggan, juga memanipulasi sistem perbankan online untuk melakukan transfer secara diam-diam

3. Insiden malware di mana bank diretas menggunakan metode yang berasal langsung dari buku pedoman serangan cyber

4. Lebih banyak kejadian kebocoran di Internet: kerentanan yang membahayakan muncul di kode lama sehingga mengekspos infrastruktur Internet terhadap serangan yang mengancam

5. Serangan In-the-wild terhadap jaringan printer dan perangkat lain yang terhubung dengan Internet yang dapat membantu para penjahat cyber untuk mempertahankan keberadaan serta pergerakan lateral dalam jaringan perusahaan.

6. Software berbahaya yang dirancang untuk OSX disebarkan melalui torrents dan paket software bajakan

7. Adanya pergeseran di mana pelaku kejahatan cyber yang lebih besar dan berisik memisahkan diri menjadi unit yang lebih kecil, yang beroperasi secara independen satu sama lain. Hal ini pada gilirannya akan menghasilkan serangan dasar yang lebih luas dengan serangan yang lebih beragam yang berasal dari banyak sumber.

 

Tanggapan Kamu

komentar