Jajaran Baru Seagate: Archive HDD 8TB

Seagate_8TB_Archive_HDDJAKARTA, PCplus – Butuh storage besar tapi ogah bayar mahal? Silakan cermati besutan anyar Seagate, yaitu Archive HDD. Kapasitasnya dimulai dari 5TB, 6TB dan 8TB. Harganya US$ 260 saja.

Sekadar pengingat, tahun 2007 Seagate menjadi produsen pertama yang merilis hard disk berbasis PMR (perpendicular magnetic recording). Ini adalah teknologi yang mendobrak batasan 250GB per piringan. Sejak itu, PMR berkembang sehingga sebuah drive bisa berkapasitas 8GB tetapi dengan tambahan sesuatu, yakni SMR (shingled magnetic recording).

Seperti dikesankan namanya, SMR mengatur drive tracks dakan pola satuan, serupa genteng di atap. Berkat desain ini, Seagate bisa menjejalkan lebih banyak storage dalam area fisik yang sama. Perlu dicatat bahwa Seagate bukanlah yang pertama menyajikan model 8TB. HGST sudah duluan merilisnya tahun ini. Bedanya, HGST menggunakan helium. Namun drive berbasis helium punya batasan yang sama dengan model PMR, sehingga HGST pun memilih SMR untuk hard disk 10TB-nya, kendati juga mengisinya dengan helium.

Seperti kebanyakan drive berdensitas tinggi, Archive HDD Seagate berputar pada sekitar 5400rpm. Artinya ia ditujukan sebagai penyimpan biasa, bukan data seperti game atau aplikasi-aplikasi. Belum jelas apakah drive ini cocok untuk NAS (network attached storage).

Tanggapan Kamu

komentar