Kiva, Robot Amazon Buat Bantu Jualan

kiva-robot

Ini dia, Kiva, robot pekerja di gudang milik toko ritel online Amazon (foto: cnet.com)

Jakarta, PCplus – Ajang diskon tahunan alias Black Friday yang kerap digelar toko-toko di Amerika sering kali diwarnai membludaknya transaksi penjualan. Tak terkecuali retail raksasa online, Amazon. Nah, Amazon lebih santai menghadapi Black Friday tahun ini. Sebabnya mereka sudah memiliki “pegawai”  bernama Kiva.

Eit, ini bukan orang lho. Kiva adalah robot pintar yang dipakai Amazon untuk memindahkan rak berisi produk yang dipesan pelanggan di gudang miliknya. Menurut Amazon, menggunakan robot bisa mempercepat proses transaksi pembelian dan pengiriman barang. Jika menggunakan orang, proses pemindahan rak bisa berlangsung dalam hitungan jam, tapi Kiva memangkasnya menjadi hitungan menit.

Saat ini Kiva bekerja di 10 gudang penyimpan produk milik Amazon yang terletak di kota California, Texas, New Jersey, Washington dan Florida. Ada sekitar 15 ribu unit robot Kiva yang beroperasi di 10 gudang tadi. Semuanya terintegrasi dengan sistem ritel canggih milik Amazon dimana setiap pemesanan sampai pengiriman barang dilakukan online.

Amazon belum membeberkan laporan seberapa besar efisiensi yang terjadi dengan menggunakan Kiva. Namun snalis industri dari ChannelAdvisor menyebut penjualan Amazon sudah mengalami peningkatan 24 persen saat Black Friday Jumat (28/11) kemarin dan naik jadi 45 persen di hari Sabtu (29/11).

Mau tahu seperti apa Kiva melaksanakan tugasnya? Tonton video milik Cnet berikut ini.

Tanggapan Kamu

komentar