Google Inbox, Bikin Email Kamu Lebih Personal

Pernah dong pakai GMail? Coba deh kamu perhatikan fiturnya. Di Inbox-nya, Gmail memiliki beragam fitur untuk memudahkan pengguna melakukan banyak hal, seperti mencari email, mengelompokkan email berdasarkan sumber dan tingkat kepentingannya dan lain-lain.

Nah, fitur-fitur ini ternyata dianggap penting oleh Google. Makanya, raksasa internet ini punya ide baru, yaitu mengembangkan aplikasi mandiri khusus email yang pengelolaannya memakai fitur dari inbox milik GMail tadi. Aplikasi tadi bernama Inbox, dan tersedia untuk platform Android dan iOS.

Inbox adalah aplikasi email Google yang hadir dengan desain sederhana, ringkas tapi tetap keren. Ia dibuat untuk membuat pengalaman membaca dan mengelola email menjadi lebih baik. Penasaran seperti apa saja fitur di Google Inbox, ini 5 diantaranya yang dirangkum situs teknologi Mashable.

1. Fitur Pin, untuk kamu yang sering lupa

Bukan PIN password ya, Pin ini adalah fitur dimana kamu bisa “menempelkan” email penting ke layar Inbox. Dengan mengaktifkan ini, email tersebut akan selalu terlihat kemanapun kamu bernavigasi. Jika sudah tak dibutuhkan, email bisa di Unpin untuk mengenyahkannya dari pandangan kamu.

inbox-pin

2. Intip tanpa harus membuka

Eit, intip apa nih? Hehe .. Ini adalah fitur di Inbox, atau dikenal dengan preview. Fitur ini memungkinkan kamu melihat isi dari lampiran email tanpa harus membuka seluruh email. Kalau aplikasi lain biasanya menampilkan ikon paper clip (jepitan kertas), maka fitur ini menampilkan file lampiran dalam rupa ikon kecil dari isi file. Menurut Mashable, Google mendukung format dokumen, gambar, spreadsheet, video dan lain-lain untuk fitur ini.

inbox-preview

3. Dikelompokkan saja

Kadang susah kan melihat isi email yang bejibun itu? Nah, di Google Inbox email akan otomatis dikelompokkan sesuai kategori tertentu. Inbox menyediakan kategori default seperti travel, purchase, finance dan update. Fitur bernama “bundle” ini dijamin nggak akan bikin mata kamu sakit saat mencari email yang sesuai kebutuhan.

inbox-kategori

4. Nggak repot saat bersih-bersih

Fitur ini pertama kali PCplus temukan di Hotmail (Live Mail), namanya Sweep. Google Inbox mengadopsi nama yang sama tapi dengan cara kerja yang berbeda. Di Google Inbox, kamu bisa menghapus atau memindahkan emal ke arsip berdasar kategori kelompok email. Sekali kamu centang fitur ini, semua email yang memiliki relevansi kategori yang sama akan terarsip. Jadi, nggak perlu menyortirnya satu-satu.

Inbox-Screenshot-Sweep

5. “Alarm” buat email yang datang bukan pada waktunya

Oke, sekarang jam 11 malam, tiba-tiba kamu dapat email yang mengharuskan kamu mengirim tugas esok hari. Karena malas membaca, kamu bisa mengaktifkan fitur Snooze di email tadi. Setel waktunya dan email akan dimunculkan kembali oleh Inbox pada waktunya.

inbox-snooze

Bagaimana menurut kamu, keren nggak? Kalau mau unduh, aplikasi ini sudah tersedia di Google Play. Sayangnya Inbox baru bisa dipakai oleh mereka yang sudah mendapat undangan (invitation) dari Google. Tapi jangan kuatir, kalau ngebet mau coba, layangkan saja email ke [email protected] untuk mendapat undangannya.

Kalau mau tau lebih banyak info soal Inbox, sambangi situsnya di www.google.com/inbox

 

Tanggapan Kamu

komentar