Teknologi Keren Yang Hadir Sepanjang 2014

ilustrasi-tech
Perkembangan teknologi terus berganti seiring waktu yang terus berjalan. Pada tahun 2014, beberapa teknologi yang diperkirakan bakal hadir ternyata mengalami penundaan. Contohnya Intel yang akhirnya menunda kehadiran prosesor Intel Broadwell 14nm. Begitu pula dengan AMD yang tidak menghadirkan jajaran kartu grafis terbarunya. Namun demikian, banyak pula beberapa teknologi keren yang hadir dimana beberapa diantaranya bisa jadi masih berupa impian beberapa tahun silam.

1. Hendo Hover

hover
Masih ingat dengan adegan saat Marty McFly (Michael J.Fox) saat mengendarai sebuah skateboard tanpa roda yang melayang pada film “Back to the Future”? Alat dengan nama Hoverboard tersebut memang masih merupakan impian saat itu. Namun di tahun 2014, perangkat tersebut mulai diperkenalkan melalui proyek yang hadir di Kickstarter yang diberi nama Hendo Hover.

Keajaiban dibalik Hendo Hover terdapat pada mesin yang terletak dibagian bawah yang terdiri dari 2 atau 4 bagian berbentuk bulat. Mesin ini menciptakan efek magnet spesial yang akan memberikan tekanan sehingga papan tersebut bisa melayang. Hingga kini alat tersebut masih berupa purwarupa dan sudah diujicoba oleh Tony Hawk, pemain skateboard profesional terkenal. Alat keren ini memang masih terus disempurnakan dan pihak pembuatnya menargetkan akan rampung di tahun 2015. Untuk melihat ujicoba yang dilakukan Tony Hawk, kamu bisa melihatnya melalui tautan berikut.

2. Samsung Gear VR

Samsung-Gear-VR
Kehadiran Oculus Rift memang membuat para penggila teknologi penasaran dan tidak sabar ingin mencobanya. Namun hingga saat ini, Oculus Rift masih berupa purwa rupa dan tidak diketahui kapan versi konsumernya beredar di pasaran. Ingin mendahului Oculus Rift, Samsung pun menghadirkan perangkat virtual tandingan dengan nama Samsung Gear VR yang saat ini sudah dilepas ke pasaran dengan harga US$200. Namun untuk memfungsikannya dibutuhkan phablet Galaxy Note 4 serta bantuan aplikasi bikinan Oculus.

3. Komputer All-in-One Virtual

hp-sprout
Terobosan baru dihadirkan oleh HP dan Dell dengan masing-masing memperkenalkan PC Desktop All-in-One canggih yang berbeda melalui HP Sprout dan Dell’s Smart Desk. Kedua perangkat tersebut tidak menggunakan mouse dan keyboard konvensional, melainkan menggantinya dengan proyektor dan merefleksikannya menjadi alat navigasi virtual. Dari sini pengguna bisa memfungsikannya tidak hanya sebagai keyboard dan mouse saja namun bisa digunakan untuk memindai obyek secara 3 dimensi.

4. Layar 5K

5k-screen
Jika layar dengan resolusi 4K sudah membuat kamu takjub, bagaimana dengan layar dengan resolusi 5K? Oktober 2014 lalu, Apple meluncurkan Retina iMac yang menggunakan layar dengan resolusi 5K. Sementara Dell juga merilis monitor 5K pada Desember lalu. Resolusi 5K memiliki ukuran 5120 x 2880 piksel yang berarti sekitar dua kali ukuran layar 4K atau tujuh kali resolusi layar dengan resolusi 1080p. Karena masih terbilang baru, tentu saja harga perangkat dengan dukungan layar tersebut masih sangat mahal. Namun keuntungannya, hal ini akan membuat layar 4K makin banyak dijumpai serta harganya yang akan turun secara berkala.

5. SSD yang Makin Kencang dan Tangguh

ssd-samsung
SSD merupakan media penyimpan alternatif yang unggul dalam hal kecepatan kinerjanya. Di tahun 2014, dua perangkat SSD dengan teknologi flash memori 3D V-NAND dihadirkan Samsung melalui dua SSD andalannya yaitu 850 Pro series serta 850 EVO. Teknologi V-NAND menawarkan 128Gb per-chip dengan menggunakan NAND cell 32 lapis yang ditambah dengan teknologi 3D. Hal ini tidak hanya menawarkan kecepatan SSD yang lebih kencang tetapi juga tingkat durabilitas yang tinggi. Jika dua SSD tersebut masih dirasa kurang kencang, Plextor menghadirkan PCI Express SSD yang memiliki kemampuan baca dan tulis maksimal hingga 700MB/s dan 500MB/s.

6. Prosesor Tercepat di Dunia

intelcore
Agustus 2014, Intel menghadirkan varian prosesor dari keluarga Haswell-E yang diklaim sebagai prosesor tercepat di dunia. Diantaranya melalui Intel Core i7-5960X dengan clock 3 GHz yang merupakan prosesor Intel pertama dengan 8 core atau 16 thread. Hadir pula Intel Core i7-4790K quad-core yang merupakan satu-satunya prosesor Intel dengan clock 4 GHz. Sebagai pesaing, AMD memang telah lebih dulu menghadirkan prosesor dengan kemampuan clock maksimal hingga 5 GHz, namun kinerjanya tidak seimpresif prosesor high-end milik Intel.

7. Memory DDR4

ram-ddr4
Hadirnya prosesor Intel Haswell-E membawa perubahan pula terhadap kehadiran generasi memori RAM terbaru yaitu DDR4. Lebih kencang serta jauh lebih tangguh dibanding DDR3, kehadiran DDR4 menjadi penantian yang akhirnya terwujud di tahun 2014. Meski harganya masih cukup mahal, ketangguhannya tetap menjadi incaran para enthusiast serta overclock mania.

8. Smartwatch

smartwatch
Kehadiran pertama jam tangan pintar memang telah ada sebelum tahun 2014, namun perkembangan teknologi dan kehadirannya di pasaran mulai menggeliat di tahun tersebut. Revolusi dari perangkat wearable tersebut memang mulai berkembang pesat di tahun 2014 seiring dengan makin jenuhnya pasar dengan kehadiran smartphone dan tablet. Dari kubu Android, kehadiran Android Wear yang menampilkan desain menarik, lebih bertenaga dan lebih cerdas, memicu kehadiran smartwatch lainnya. Bahkan smartwatch besutan Apple dikabarkan mulai menyusul di tahun 2015.

Tanggapan Kamu

komentar