Atasi Perangkat Lumia Yang Ngadat Secara Hardware

ilustrasi

Ponsel (Nokia) Lumia kamu mengalami hang? Atau layar tidak merespon sentuhan sama sekali? Jangan panik dulu, ada cara yang bisa dilakukan sebelum kamu membawanya ke service center. Berikut ini akan PCplus tunjukkan mulai dari cara termudah hingga yang ‘agak ribet’. Siapa tau salah satu cara tersebut bisa menjadi solusi bagi masalah yang sedang kamu alami. Cara ini bisa diterapkan pada beberapa seri Lumia yang ada di pasaran saat ini. Berikut caranya:

Soft Reset

Cara paling mudah yaitu dengan mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali.

  • Jika menggunakan ponsel dengan baterai yang bisa dilepas (seperti Nokia Lumia 520), buka cover belakang dan lepas baterai. Tunggu hingga beberapa saat sebelum dipasang kembali. SONY DSC
  • Jika menggunakan baterai yang menyatu dengan casing (seperti Nokia Lumia 920), kamu bisa menekan dan tahan tombol Volume Down serta tombol Home bersamaan selama beberapa detik hingga ponsel mati dengan sendirinya. dua-lumia

Jika ponsel masih bermasalah, bisa jadi sistem operasi mengalami kerusakan dan hanya bisa dilakukan dengan cara hard reset.

Factory/Hard Reset

Cara reset ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui menu dan tombol fisik. Perlu diingat bahwa melakukan reset ini akan menghapus data dan aplikasi yang telah ada sebelumnya.

1. Melalui menu

Cara ini paling sederhana dan bisa dilakukan jika sistem masih berfungsi.

  • Masuk ke menu Setting>About>Reset Your Phone. Tunggu hingga proses selesai yang memakan waktu sekitar 5 menit. tiga

2. Menggunakan tombol fisik (cara satu)

Cara ini bisa dilakukan jika sistem mengalami ‘hang’ atau tidak bisa mengakses menu. Lakukan cara ini sesuai dengan tahapannya.

  • Matikan perangkat. Tekan dan tahan tombol Power, jangan dilepas hingga perangkat menimbulkan getar (vibrate). Setelah getaran aktif, langsung lepas tombol Power.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Down, jangan dilepas hingga layar menampilkan tanda seru. Setelah tampil, lepas tombol Volume Down.
  • Selanjutnya tekan tombol Volume Up dan lepas.
  • Tekan tombol Volume Down dan lepas.
  • Tekan tombol Power dan lepas.
  • Tekan tombol Volume Down dan lepas.
  • Setelahnya, perangkat akan melakukan hard reset. Tunggu sekitar 3 sampai 5 menit hingga proses selesai dengan sendirinya.

3. Menggunakan tombol fisik (cara dua)

Cara alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menekan dan tahan tombol Volume Down+Power+Camera secara bersamaan hingga ponsel menimbulkan getaran (vibrate), kemudian lepas tombol Power saja dengan tombol lainnya masih tertahan. Setelah 5 detik kemudian, barulah lepas semua tombol. empat

Tanggapan Kamu

komentar