Mengatasi Bug Emoji di WhatsApp

Beberapa hari belakangan ini rupanya WhatsApp sedang jadi bahan “pergunjingan”. Update versi yang memungkinkan penggunanya mengetahui apakah pesan sudah terbaca atau belum sontak menimbulkan perdebatan antara yang pro dan kontra.

Bila Anda termasuk yang pro, tidak masalah sih. Tetapi bila tidak suka, ada baiknya mengikuti tutorial dari PCplus soal mengakali tanda centang biru WhatsApp tersebut di sini.

Perdebatan ini menenggelamkan pembahasan tentang masalah lain yang juga ada di WhatsApp, yaitu bug yang muncul pada penggunaan emoji tertentu di WhatsApp. Jadi kalau hendak menampilkan emoji angka 6, yang muncul adalah emoji angka 5. Bug ini tidak muncul pada aplikasi sejenis WhatsApp, misalnya Telegram. Lebih parah lagi, ternyata cuma muncul di WhatsApp for Android.

Memang bug ini tidak digolongkan sebagai sesuatu yang fatal namun tetap saja rasanya ada yang mengganjal, bukan? Jangan khawatir karena ternyata ada cara yang bisa digunakan untuk menghindarinya, meski belum sampai pada taraf menyembuhkannya.

Inilah langkah-langkah untuk menghindari bug tersebut

1. Pastikan mode auto-rotate aktif dan saat ini ponsel berada dalam keadaan portrait.

2. Buka aplikasi WhatsApp dan buatlah sebuah chat baru atau meneruskan chat yang sudah ada dengan seseorang.

3. Ketikkan emoji angka 6 dan karena ada bug yang kita bahas ini, emoji angka 5-lah yang muncul. Biarkan berada dalam keadaan seperti itu.

Ketika kamu pencet icon nomor 6, eh yang muncul nomor 5

Ketika kamu pencet icon nomor 6, eh yang muncul nomor 5

4. Putar ponsel hingga berada dalam posisi landscape. Perhatikan bahwa pada kotak yang digunakan untuk menuliskan teks sekarang muncul angka 5 (teks biasa, bukan emoji) diikuti dengan sebuah kotak berwarna coklat di sebelah kanannya.

Ketika di posisi portrait, yang muncul adalah teks biasa; bukan emoji

Ketika di posisi portrait, yang muncul adalah teks biasa; bukan emoji

5. Letakkan kursor di antara angka 5 dan kotak.

6. Hapus angka 5 dan ganti dengan angka 6. Ingat, angka ini adalah angka biasa, bukan emoji.

7. Putar kembali ke posisi portrait dan … voilà, emoji tersebut telah berubah menjadi emoji angka 6.

Nah, sekarang, emoji yang keluar pun telah sesuai

Nah, sekarang, emoji yang keluar pun telah sesuai

Sekarang, setiap kali hendak mengirimkan emoji angka 6, cara di atas bisa dilakukan kembali.

Bug ini muncul pada WhatsApp versi 2.11.432. Saat artikel ini ditulis, sebenarnya sudah ada WhatsApp versi 2.11.532 dan kabar baiknya, bug ini sudah “sembuh” pada versi terbaru ini, bahkan Anda juga bisa mengatur agar tanda centang biru tidak muncul (menonaktifkan fitur read receipt).

Kabar buruknya, versi WhatsApp terbaru ini belum tersedia di Google Play Store. Kemungkinan besar, WhatsApp versi terbaru ini akan diarahkan untuk pengguna Android versi 5 alias Lolipop.

Namun bila Anda berani mengambil resiko, Anda tetap bisa kok mengupdate WhatsApp secara manual. Caranya adalah dengan membuka browser dari ponsel Anda dan mengarahkannya ke situs resmi Whatsapp. Ketuk tombol Download untuk mengunduh file apk WhatsApp versi terbaru dan bila proses unduh sudah kelar, ketuk file tersebut untuk menginstallnya. Bila tidak bisa diinstal, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu opsi Allow installation of apps from unknown sources di bagian Settings > Security.

Tanggapan Kamu

komentar