Trik Menjalankan Aplikasi Windows 8.x di Netbook

netbook-ilustrasi
Untuk menjalankan aplikasi Windows 8.x berbasis Modern/Metro UI dibutuhkan layar dengan resolusi minimal 1024×768 piksel. Hal ini tentu saja menjadi kendala bagi pengguna netbook dikarenakan ukuran layar yang dimilikinya hanya sebesar 1024×600 piksel. Namun jika kamu penasaran tetap ingin menggunakan Windows 8.x dan menjalankan tampilan Modern UI tersebut, ada trik yang bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Setelah proses instalasi Windows 8.x berhasil, jalankan registri editor dengan menekan tombol Windows dan ketikkan regedit dan tekan Enter.

netbook-01

2. Tekan tombol Ctrl+F dan masukkan kata kunci display1_downscaling_supported untuk mencarinya. Setelah berhasil, kamu akan mendapatinya di bagian kanan. Klik ganda dan ubah value menjadi 1.

netbook-02a

netbook-02b

3. Tekan tombol F3 dan ulangi cara kedua untuk mencari kata kunci yang sama. Ubah value ke angka 1 pada tiap kata kunci tersebut.

netbook-03

4. Restart komputer kamu dan buka ke bagian pengaturan Screen Resolution. Dan kini kamu akan mendapati pilihan resolusi 1024×768 piksel. Setelah diubah, kamu sekarang sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi Windows 8.

netbook-04

Tips: Jika tampilan layar kamu menjadi blank setelah melakukan trik ini, lakukan booting ke Safe Mode dan ubah kembali ke konfigurasi awal.

Tanggapan Kamu

komentar