Dell XPS 13, Layar Lebar di Badan yang Kecil

dell xps13JAKARTA, PCplus – Beberapa waktu lalu ada kategori khusus buat notebook berfisik tipis, yakni ultrabook. Badannya ramping dan tentu saja enteng. Namun kini badan notebook bisa hadir makin tipis lagi.

 

Salah satunya adalah Dell XPS 13. Notebook ini punya layar 13,3”, tapi badannya ‘dijejalkan’ dalam chasis notebook dengan layar 11”. Bobotnya sekitar 1,18kg. Kalau dijajarkan dengan MacBook Air yang juga memiliki layar 13”, Dell XPS 13 terlihat lebih kecil. Maka Dell pun menahbiskan notebook-nya ini sebagai notebook 13” terkecil di dunia.

Menjalankan Windows 8.1, Dell XPS 13 diklaim bisa diajak bekerja sampai 15 jam sebelum baterainya harus diisi ulang. Notebook ini menampilkan displai UltraSharp Quad HD+ dengan 5,7 juta piksel pada bezel selebar hanya 5,2mm, sehingga nyaris tanpa pinggiran.

Untuk konektivitas, notebook ini menyodorkan koneksi mini-DisplayPort, dua port USB 3.0, dan jack audio serta slot SD card. Tak ada port HDMI maupun port Ethernet. Kalau membutuhkannya, kamu bisa menambahkan port adaptor opsional.

Eh omong-omong kok bisa ya fisik notebook Dell ini kecil tapi layarnya lega? Ini antara lain juga berkat penggunaan Intel Core generasi ke 5 yang berbasiskan arsitektur Broadwell 14nm. Update ini bisa mengemaskan transistor 35% lebih banyak dibandingkan CPU Intel Haswell generasi ke-4, sambil mengurangi ukuran die sampai 37%. Artinya, produsen chip telah membuatnya bisa dipasang di perangkat yang lebih kecil, tipis, termasuk 2-in-1, notebook dan PC all-in-one.

Tanggapan Kamu

komentar