Carousel – Dropbox Photos Gallery: Foto dan Video di Dropbox

ilustrasiBagi pengguna layanan cloud Dropbox, ada aplikasi tambahan yang dihadirkan oleh mereka agar memudahkan pengguna dalam memantau kumpulan file dari ponsel. Aplikasi bernama Carousel hadir untuk memudahkan kamu sebagai pengguna layanan Dropbox dalam mengatur koleksi foto dan video melalui ponsel. Jadi, tentu saja untuk menggunakan Carousel, kamu mesti memiliki akun Dropbox terlebih dahulu.

Carousel akan menyimpan foto dan video dalam format susunan waktu (timeline) tanpa memakan banyak kapasitas penyimpanan di ponsel karena bersifat cloud service. Selain itu keunggulan lainnya yaitu mampu mengirim hingga ratusan foto dengan cara yang lebih cepat. Koleksi foto bisa disimpan dan dibagikan ke orang-orang yang kamu ditentukan sendiri.

Tampilan antarmuka dan fitur

interface

Tampilan antarmuka yang ditawarkan menggunakan tema desain material ala Android Lollipop yang minimalis. Dengan tampilan yang mirip dengan Google Play, halaman muka terbagi dari tiga kategori, yaitu koleksi foto dan video di Dropbox, Foto Album, dan Foto Sharing. Menu Settings tersembunyi di pojok kiri atas yang menampilkan profil pengguna serta pengaturan lainnya.

Dengan kapasitas penyimpanan gratis di Dropbox hingga 5 GB, Carousel menyediakan layanan untuk mencadangkan (backup) foto dan video yang bisa diatur sesuai keinginan. Dengan cara mengaktifkan pilihan Backup Photos & Videos, otomatis tiap file foto atau video yang tersipan di ponsel, akan langsung diunggah setelah mendapatkan koneksi internet. Agar kuota tidak terpakai, terdapat pengaturan kapan proses pengunggahan bisa dilakukan. Untuk itu kamu bisa mengaktifkan Wi-Fi Only pada pilihan Data Usage.

backup

Dari kumpulan foto dan video di ponsel, Carousel menawarkan untuk mengatur dan mengelompokkannya ke dalam Album. Kamu tinggal memilih foto-foto yang ada di Dropbox dan memasukkannya ke dalam Album yang telah dibuat sebelumnya. Jika memiliki foto yang tidak ingin dilihat oleh pengguna lain, Carousel menyediakan fasilitas untuk menyembunyikannya melalui feature Hidden Photos. Caranya cukup dengan memilih foto yang diinginkan dan selanjutnya tekan ikon dengan logo tiga kotak kecil dipojok kanan atas, dan nantinya akan tampil piilhan Hide. Dan untuk melihat kumpulan foto yang disembunyikan, kamu bisa masuk ke bagian Settings dan pilih Hidden Photos & Videos.

hidden

Selain feature untuk menyembunyikan, ada juga fasilitas untuk berbagi dengan teman ataupun kerabat. Mode berbagi (sharing) ini juga mendukung mode chat atau email agar lebih memudahkan dalam komunikasi saat berbagi foto ataupun video. Dari sini prosesnya menjadi lebih cepat dan mudah. Carousel menyediakan pula fungsi Flashback yang menampilkan kumpulan foto atau video yang telah kamu ataupun kerabat lihat sebelumnya. Jadi fungsinya mirip dengan history.

sharing

Selama koneksi internet kencang, Carousel mampu bekerja dengan baik dan cepat karena Carousel merupakan layanan cloud yang hanya bisa digunakan dalam kondisi online. Tampilannya yang minimalis mempengaruhi kecepatan kinerjanya. Meski demikian, pihak pengembang menentukan sistem Android yang mendukungnya yaitu minimal menggunakan Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich.

Kesimpulan:

Carousel bisa dimanfaatkan sebagai media pencadangan alternatif dengan feature unggulan yang menarik. Selain mengamakan dan mengatur koleksi foto dan video di cloud, kamu juga bisa berbagi dengan kerabat baik secara private maupun secara bersama-sama.

Duolingo

Pengembang: Dropbox, Inc

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: iOS, Android, PC (windows)

Situs: http://www.carousel.com

Tanggapan Kamu

komentar