Inbox by GMail: Agar Email Lebih Teratur

ilustrasi-inboxGoogle kembali menghadirkan layanan teranyarnya untuk platform mobile yaitu Inbox by GMail. Layanan ini bukan sebagai pengganti aplikasi GMail yang sudah ada, tetapi merupakan alternatif dalam menghadirkan layanan email yang lebih praktis dan memudahkan. Jadi jika kamu telah memiliki akun GMail, tetap bisa menggunakan dua layanan tersebut. Fitur pada Inbox by GMail memungkinkan pengguna untuk membuat atau mengelompokkan email yang masuk ke Inbox berdasarkan apa yang disukai. Selain itu semua pesan terorganisasi dengan rapi berdasarkan pengelompokan.

Untuk dapat menggunakan Inbox by GMail, kamu mesti mendapatkan undangan melalui email terlebih dahulu dari Google. Caranya dengan melakukan login ke akun GMail dan mengirim email ke [email protected] untuk mendapatkan undangan. Setelahnya barulah Anda bisa menggunakan layanan aplikasi ini dengan mengunduhnya dari Google Play Store.

Tampilan antarmuka dan fitur

Dibanding dengan aplikasi GMail yang sudah terpasang pasa sistem Android (saat ini telah mencapai versi 5.0), tampilannya bisa dibilang sama. Jika GMail menampilkan kategori layaknya layanan email berbasis web, maka Inbox by GMail menambahkan beberapa fitur guna membedakannya.

(ki-ka: aplikasi GMail memiliki fitur yang lebih sedikit dibanding Inbox by GMail)

(ki-ka: aplikasi GMail memiliki fitur yang lebih sedikit dibanding Inbox by GMail)

Yang menarik, aplikasi ini menggunakan tampilan antarmuka ala Android 5.0 Lollipop yang menggunakan desain material yang sederhana dan minimalis. Desain ini diklaim Google lebih intuitif dan menarik serta ingin menegaskan bahwa aplikasi terbaru ini telah dirancang sedemikian rupa agar terlihat minimalis dari segi tampilan, namun kaya akan fitur. Inbox by GMail menampilkan berbagai fitur melalui tampilan yang memudahkan melalui fungsi Menu.

Pada menu, aplikasi ini menghadirkan sekumpulan folder yang terangkum dalam beberapa kategori layaknya email standar. Kamu akan menjumpai folder Inbox yang menampilkan email personal. Kamu bisa mengatur Inbox untuk beradaptasi dengan memilih email yang ingin dilihat dan mengelompokkannya bersama.

inboxSelain itu, salah satu fitur unik dari Inbox adalah Reminders, Snooze, serta Assists. Fitur Reminders berfungsi sebagai pengingat untuk melakukan hal-hal yang telah diprioritaskan ke dalam agenda. Untuk fitur Snoozed, berguna jika kamu dalam keadaan sibuk atau sedang fokus pada sesuatu hal lain, bisa mengatur untuk menunda (Snooze) membaca email atau sebagai pengingat. Pengguna bisa mengatur untuk mengesampingkan dan memanggil kembali di lain waktu pada saat yang menurutnya tepat. Inbox juga menyediakan Assists (bantuan) berupa potongan informasi berguna yang mungkin diperlukan pengguna. Dan pada folder Done, merupakan tempat dimana email yang telah dibaca terkumpul disini.

snoozedInbox juga secara ‘pintar’ bisa menentukan email yang masuk dan mengelompokkannya ke dalam kategori khusus. Melalui fitur Bundled in the inbox, Didalamnya terdapat kategori yang terdiri dari Travel, Purchases, Finance, Social, Updates, Forum, serta Promos. Jadi setiap ada email masuk, otomatis Inbox akan langsung menempatkannya ke dalam kategori yang sesuai.

Kesimpulan

Dari berbagai fitur yang ada, aplikasi ini mampu memilah berbagai email yang masuk. Sesuai tujuannya, kamu bisa langsung melihat Inbox ataupun folder lain yang tersusun berdasarkan peruntukannya. Aplikasi ini ringan dan mampu bekerja dengan cepat tanpa hambatan. Penggunaan desain minimalis serta sederhana dari desain material memang terlihat cukup efektif membantu kelancaran aplikasi ini.

Tanggapan Kamu

komentar