Review Earphone Sound Magic ES18S

sound-magic-es18sBuat kamuyang suka memutar file multimedia, peran earphone atau headphone pasti penting. Apalagi kalau suara yang dikeluarkan dari musik atau film kesayangan tak ingin mengganggu orang lain. 

Kabar baiknya, hampir semua smartphone atau tablet yang dijual saat ini memaket earphone tadi. Tapi ada kabar tak baik, yakni sola kualitas. Yap, nggak semua paket earphone standar punya kualitas yang mumpuni saat diajak memainkan multimedia. Bahkan beberapa hanya cocok untuk membantu saat menelpon alias sebagai handsfree.

Nah, kalau kamu merasa kualitas earphone standar bawaan toko kurang, cari saja gantinya. Tak perlu mahal, yang penting kualitasnya cocok buat telinga kamu.

Sound Magic hadir untuk kebutuhan itu. Earphone non standar ini hadir dengan harga masuk akal tapi dengan kualitas yang tak murahan. Kebetulan yang datang ke meja uji PCplus adalah seri ES18S yang merupakan earphone multimedia lengkap dengan mikropon untuk kebutuhan panggilan telepon.

Model In-Ear 

Sound Magic ES18S hadir dengan model in-ear. Artinya bagian karet dari speakernya masuk ke dalam telinga. Model ini punya kelebihan dalam hal mengurangi bising yang datang dari luar, sekaligus bisa menegaskan warna suara. Itu terbukti saat PCplus mencoba earphone ini di jalan raya. Setidaknya hampir 70% bising bisa diredam dengan model ini.

Kelemahannya ada pada kebiasaan si pemakai, sebab tak semua orang nyaman dengan model ini. Rata-rata earphone standar merupakan model klasik, inilah yang membuat kebanyakan orang kurang “mengenal” model in ear.

sound-magic-in-ear

Ada Mikropon

Sepersi earphone bawaan pabrik, Sound Magic ES18S juga menyediakan mikropon. Ini penting ketika earphone ingin difungsikan sebagai handsfree. Ketersediaan mikropon ini seakan menunjukkan bahwa kamu bisa punya handsfree dengan kualitas suara yang lebih baik, juga multifungsi.

Oh ya, mikroponnya dibekali tombol khusus untuk berinteraksi dengan sistem operasi tanpa mesti menyentuh badan handset. Di Android misalnya, dengan menekan tombol ini selama 5 detik OS akan menjalankan fungsi Google voice command.

sound-magic-mic

Switch Ajaib

Ini yang biasanya dilupakan produsen earphone, kompatibilitas universal. Maksudnya, earphone mesti bisa dipakai di beragam perangkat, tanpa kecuali.

Oleh Sound Magic, kompatibilitas tadi dijawab dengan menambahkan sebuah switch di dekat colokan earphone. Switch-nya diberi tanda A dan B. Posisi A dipakai untuk iPhone, Blackberry, HTC, Samsung Galaxy atau smartphone lawas lain. Sementara posisi B dipakai untuk handset Nokia, Samsung, Sony Xperia, Corby dan sejenisnya.

Mudahnya, geser saja switch ini jika saat dicolok ada keanehan di earphone atau smartphone kamu seperti suara yang tak keluar, mikropon yang tak mendengar sampai jalannya suatu fiturAndroid tanpa diperintah.

sound-magic-switch

Kesimpulan

Untuk kualitas suara kami memberi nilai lumayan untuk Sound Magic ES18S. Musik dengan dentuman bass yang intens bisa dijawab dengan baik meski tidak dalam nilai sempurna. Begitupun dari sisi treble yang cukup jernih untuk earphone di kisaran harga ini.

Yang menarik dari earphone ini tentu saja switch ajaibnya yang membuat smartphone bisa dipakai di beragam jenis handset. Tidak banyak yang menyediakan fitur serupa, apalagi untuk earphone kelas entry level.

Satu lagi, Sound Magic juga menyertakan adapter tambahan untuk menghubungkan earphone ke PC dengan memisahkan audio in (mic) dan out (speaker), termasuk bonus pouch untuk menyimpan earphone.

www.soundmagic.com
PT. Aces Digital Multitrada
(021) 3518111
Rp. 175.000

Plus: Mikropon, switch kompatibilitas, kabel adapter, suara oke
Minus: Tidak tersedia pengatur volume

 

Spesifikasi:

  • Transducers:Dynamics,10mm,Neodymium
  • Frequency range:15Hz-22KHz
  • DC resistance:16+/-10%Ohms
  • Sensitivity:100+/-2dbat1KHz/mW
  • Cable length:1.2m
  • Connector:3.5mm,1stylepluggold-plated
  • Weight:11g

 

 

 

Tanggapan Kamu

komentar