• Home »
  • Trik »
  • Permasalahan Error Saat Update di Windows 8.1 Serta Solusinya

Permasalahan Error Saat Update di Windows 8.1 Serta Solusinya

ilustrasi

Meski Windows 8.x merupakan sistem operasi andalan yang  tentunya sudah mengalami banyak perbaikan, pembaruan, serta perubahan, toh beberapa pengguna masih menemui beberapa permasalahan seputar penggunaannya. Salah satu yang kerap dijumpai yaitu saat melakukan update sistem Windows. Beberapa permasalahan yang terjadi biasa ditampilkan berupa kode-kode yang tentu saja tidak semua pengguna mengerti arti dari kode tersebut. Jika kamu tidak menemui kode error saat gagal melakukan update, Microsoft telah membuat file log yang otomatis tersimpan pada folder C:Users[username]AppDataLocalMicrosoftWindowswindowsupdate.log. Dari sini kamu bisa menemukan kode yang tertera dan mencari solusinya melalui internet. Dari sekian banyak kode yang ada, berikut beberapa kode error yang kerap di jumpai saat melakukan update Windows.

log

Kode error: 0x8024401C
Tampilan kode ini menjelaskan bahwa komputer tidak bisa terhubung ke server Windows Update.
Solusi:
Periksa koneksi internet dengan menjalankan Internet Connection troubleshooter untuk memperbaiki permasalahan jaringan secara otomatis. Caranya, buka Charms bar dengan menekan tombol Windows+C. Klik Search, ketikkan Identify and repair, lalu klik identify and repair network problems.

satu

Kode error: 0x80070103
Situasi ini bisa disebabkan saat mencoba untuk memasang driver dimana driver tersebut sebelumnya sudah terpasang di sistem. Atau bisa jadi kamu hendak memasang driver yang tidak kompatibel dengan yang sudah terpasang.
Solusi:
Untuk mengatasinya Anda mesti menyembunyikan update driver bermasalah tersebut. Caranya, tekan tombol Windows+C. Klik Search, ketikkan Hide or unhide updates dan klik untuk masuk ke Windows Update. Pilih update yang sudah tersedia, tentukan rincian update yang hendak disembunyikan, lalu klik kanan dan pilih Hide update. Jika ingin mengembalikannya, tinggal memilih Restore hidden updates.

dua

Kode error: 0x80240016
Jika kamu melihat kode ini saat menjalankan update, hal ini biasanya dikarenakan terdapat proses instalasi suatu aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga mengganggu proses update.
Solusi:
Matikan instalasi tersebut untuk sementara, atau  bisa melakukan restart komputer dan kembali melakukan update tanpa menjalankan instalasi aplikasi lain.

tiga

Kode error: 0x80073712
Kesalahan ini terjadi akibat adanya satu file atau lebih yang mengalami corrupt atau rusak saat proses update.
Solusi:
– Untuk memperbaikinya, gunakan utiliti bawaan Windows yaitu DISM (Deployment Image Servicing and Management) tool. Caranya, tekan tombol Windows+C. Klik Search, ketikkan cmd dan akan tampil pilihan Command Prompt dan klik kanan, lalu pilih Run as administrator. Ketikkan perintah DISM.exe /Online /Cleanup-image /Scanhealth tekan Enter dan ketikkan lagi perintah DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth dan tekan Enter. Ketikkan Exit untuk keluar dari Command Prompt. Restart kembali Windows Update. Jika permasalahan masih terjadi, lakukan PC Refresh.
– Untuk masuk ke PC Refresh, buka menu Settings dengan menekan tombol keyboard Windows+I dan klik Change PC settings. Arahkan ke Update and recovery, klik Recovery. Pilih Refresh your PC without affecting your files dan klik Get started. Lalu tinggal ikuti panduan yang ada hingga selesai. Setelahnya kamu bisa melakukan update kembali dari awal.

Tanggapan Kamu

komentar