Fokus di Smartphone Hi-End, Pendapatan Huawei Consumer Pecahkan Rekor

huaweiSHENZHEN, PCplus – Untuk pertama kalinya, angka pendapatan Huawei Consumer Business Group (selanjutnya disebut Huawei) melampaui 10 miliar dolar AS. Tahun 2014, perusahaan asal Tiongkok ini mencatatkan pendapatan 12,2 miliar dolar AS, atau tumbuh 30% tahun-ke-tahun.

Sepanjang tahun 2014, Huawei Consumer BG telah mengirimkan 75 juta smartphone ke pasar. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ini berarti pertumbuhan 45% tahun-ke-tahun. Secara total ada 138 juta perangkat yang dikirimkan, atau tumbuh 7,8%.

Kunci sukses Huawei Consumer BG, ungkap Richard Yu (CEO, Huawei Consumer BG), adalah produk premium menengah ke atas. Pengiriman produk kelas menengah atas itu tercatat naik 18%.

Yu mengatakan, pertumbuhan pangsa pasar Huawei membuatnya duduk di peringkat ketiga pasar global smartphone. Brand awareness Huawei pun sudah meningkat pesat di seluruh dunia. “Huawei telah menjadi perusahaan pertama di dataran Tiongkok yang berhasil masuk ke dalam daftar Interbrand’s Top 100 Global Brands tahun 2014,” kata Yu bangga.

Salah satu produk premium unggulan Huawei adalah Huawei Ascend P7. Empat juta seri ini dikirimkan ke seluruh dunia dalam kurun enam bulan setelah diluncurkan di Paris pada Mei 2014.

Prestasi saudaranya, Huawei Ascend Mate 7, juga tak kalah baik. Ascend Mate 7 yang diluncurkan September lalu, telah diterima dengan baik di kalangan bisnis eksekutif di seluruh pasar. Dalam kurun 3 bulan setelah diluncurkan, Ascend Mate 7 mencatatkan angka pengiriman lebih dari 2 juta unit.

Merek Honor diresmikan Huawei tahun lalu juga mengukir prestasi yang baik. Pada akhir 2014, merek Honor yang ditujukan untuk konsumen telah dihadirkan di lebih dari 60 negara dan wilayah di seluruh dunia. Huawei mengirimkan 20 juta unit Honor ke pasar; lebih dari 8 juta Honor 3C, lebih dari 4 juta Honor 3X, dan lebih dari 3 juta Honor 6.

Meroketnya popularitas smartphone Huawei juga berkat pemasaran yang dilakukan via internet. Sampai tahun 2014, Huawei telah mendirikan 603 toko Huawei. Sejumlah 41% dari total pendapatan Huawei berasal dari sektor ini, termasuk e-commerce.

Pada tahun 2014, Huawei mengalokasikan dana US$ 6,5 miliar untuk riset dan pengembangan (R&D), naik 28% dari tahun 2013. Selama 10 tahun terakhir Huawei telah menginvestasikan sekitar US$ 30,1 miliar khusus untuk R&D.

Tahun ini, Huawei Technologies optimis meraih pendapatan US$ 56 miliar,atau naik 20% dibandingkan tahun lalu yang sebesar US$ 46,5 miliar

Tanggapan Kamu

komentar