Wah, Apple Bolehkan App 4GB di App Store

apple-new-yorkJAKARTA, PCplus – Apple  baru saja mengumumkan akan menerima app dengan ukuran mencapai 4GB untuk pertama kalinya. Ukuran itu berarti dua kali dari ukuran yang diperbolehkan sebelum ini.

Sebuah notifikasi pada portal developer website Apple menyatakan bahwa perubahan itu memungkinkan para pengguna untuk “menyertakan lebih banyak media dalam kirimannya dan memberikan user experience yang lebih lengkap, kaya saat instalasi.”

Namun unduhan yang tersedia via jaringan seluler tetap 100MB. Jadi file-file besar itu harus kamu unduh via WiFi. Selain itu game-game tertentu yang hanya tersedia via streaming sekarang tersedia untuk di-porting.

Cuma karena iPhone entry level kapasitasnya hanya 16GB, dan versi terbaru iOS8 sendiri sudah di atas 4GB, maka satu atau dua apps saja bisa memenuhi seluruh ponsel.

O ya, Google juga melakukan gebrakan serupa ketika memperbolehkan app di Google Play Store untuk melampaui batas awal 50MB. Cuma cara implementasinya beda. Apps yang besar diunggah secara terpisah sebagai file tambahan yang seringkali dikirimkan langsung ke kartu SD eksternal. Sedangkan perangkat Apple tidak menawarkan opsi SD eksternal. Hmm, tapi iPhone 6 memang menawarkan storage onboard 128GB sih.

Tanggapan Kamu

komentar