Produk Teknologi Yang Hilang di Tahun 2015

foto: www.cnet.com

foto: www.cnet.com

Melihat kilas balik di tahun 2014 lalu, ternyata banyak teknologi yang selama ini sudah cukup banyak dikenal publik, sudah tidak akan hadir lagi di tahun 2015. Berbagai alasan dikemukakan pihak produsen saat menghentikan produk maupun layanan tersebut guna menghadapi perubahan tren teknologi guna bersaing dengan para kompetitornya. Dari sekian banyak produk teknologi yang telah “dimatikan” sepanjang 2014 lalu, berikut diantaranya:

iPod Classic (2001-2014)

foto: www.shinyshiny.tv

foto: www.shinyshiny.tv

Bersamaan dengan rilis iPhone 6 pada 9 September 2014, Apple mulai menghilangkan iPod Classic dari Apple Store. Apple pun mengumumkan penghentian produk tersebut dengan alasan bahwa produsen komponen iPod sudah tidak mampu membuat suku cadangnya. Tim Cook juga menambahkan bahwa produksi iPod Classic tersebut sudah tidak layak dipertahankan. Begitu Apple mengumumkan penghentian iPod generasi pertama, perangkat ini langsung menjadi incaran para pemburu barang-barang langka untuk dijadikan koleksi mereka.

Windows XP (2001 – 2014)

foto: www.galleryhip.com

foto: www.galleryhip.com

Setelah menjadi salah satu sistem operasi paling digemari, akhirnya Microsoft menghentikan layanannya pada 8 April 2014. Dengan dihentikannya Windows XP, pengguna yang masih menggunakannya tidak akan lagi mendapatkan dukungan penuh. Microsoft pun menyarankan agar pengguna XP beralih ke sistem operasi yang lebih baru dan modern dimana memiliki kemampuan yang lebih canggih dan lebih tangguh dalam hal keamanan.

PlayStation Portable (PSP) – (2004-2014) 

foto: http://wikipedia.org

foto: http://wikipedia.org

Pertama kali muncul di awal Desember 2004, Sony akhirnya mengumumkan penghentian perangkat gaming PSP pada 4 Juni 2014. Perusahaan yang berbasis di Tokyo itu secara bertahap menghentikan penjualannya mulai dari pasar Eropa hingga Asia sampai akhir tahun 2014. Bahkan sejak Januari 2014, PSP sudah dihentikan penjualannya di wilayah Amerika Utara. Setelah 10 tahun hadir, PSP diperkirakan telah terjual hingga 80 juta unit. Generasi penerusnya yaitu PlayStation Vita pun diharapkan mampu mengulang sukses atau bahkan melebihi populatiras PSP.

MSN Messenger/Windows Live Messenger (1999-2014)

foto: www.studentbeans.com

foto: www.studentbeans.com

Akhir tahun 90-an, merupakan masa-masa jaya hadirnya aplikasi chat yang kala itu masih menyediakan fitur berbasis teks dan suara secara sederhana. MSN Messenger yang merupakan layanan instant messenger menjadi salah satu yang paling digemari para pengguna internet kala itu. Setelahnya, MSN Messenger berganti nama menjadi Windows Live Messenger semenjak Microsoft mengambil alih layanan chat tersebut. Setelah Microsoft membeli Skype yang memberikan layanan lebih unggul, akhirnya Windows Live Messenger dimatikan dan Skype menjadi layanan chat andalan Microsoft.

Sony VAIO (1996-2014) 

foto: www.time.com

foto: www.time.com

Pesatnya pertumbuhan gadget seperti smartphone dan tablet memang sempat membuat penjualan notebook serta desktop PC mengalami penurunan yang drastis. Dan hal ini diprediksi akan terus bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Sony yang ikut merasakan surutnya penjualan produk notebook-nya, akhirnya menghentikan jajaran notebook SONY VAIO. Notebook yang sempat menjadi andalan SONY ini dihentikan produksinya sejak Februari 2014. Sony mengungkapkan alasan penghentian tersebut karena mereka hendak berkonsentrasi ke bisnis tablet yang lebih menjanjikan.

Ponsel Nokia (1984-2014) 

foto: www.areamobile.de

foto: www.areamobile.de

Terhitung 25 April 2014, proses akuisisi Microsoft kepada Nokia telah selesai. Namun saat itu Microsoft masih “mengijinkan” pihak Nokia untuk menghadirkan beberapa ponselnya. Nokia pun menghadirkan jajaran smartphone Lumia yang ternyata masih diminati oleh pengguna. Namun terhitung Oktober 2014, Microsoft secara resmi kedepannya mulai menggunakan brand Microsoft pada smartphone Lumia terbarunya. Microsoft pun langsung menghadirkan smartphone Lumia 535 yang sudah menggunakan merek Microsoft. Meski demikian hingga kini ternyata Nokia masih menghadirkan tablet Nokia N1 dan Nokia C1 yang menggunakan sistem operasi Android.

Microsoft Office Clip Art Library (1996-2014) 

foto: www.doctortecno.com

foto: www.doctortecno.com

Clip art merupakan kumpulan gambar yang terdapat pada aplikasi Microsoft Office yang telah disediakan untuk para pengguna yang ingin menyisipkan gambar pada dokumen. Dengan ilustrasi yang sederhana dan bergambar mirip kartun, Clip Art biasa digunakan pada aplikasi Word ataupun Powerpoint. Dan sejak awal Desember 2014 ini, akses Clip Art mudah diberlakukan, termasuk untuk versi Microsoft Office hingga Office 2003. Sebagai gantinya, Microsoft menyediakan gambar-gambar ilustrasi melalui image search di Bing.

TV Plasma (1999-2014)

foto: www.choicewallpapers.net

foto: www.choicewallpapers.net

Sebelum eranya TV LED dengan dukungan definisi tinggi, televisi plasma cukup bisa diterima publik. LG dan Panasonic menjadi dua produsen yang menikmati hasil dari penjualan berbagai televisi berteknologi plasma. Namun karena faktor platform yang buruk, Panasonic memutuskan menghentikan produksi plasma TV di tahun 2013 sementara LG mengikutinya di tahun 2014. Kini tinggal Samsung saja yang bermain di pasar plasma namun diprediksi Samsung juga bakal menyerah di tahun 2015.

Tanggapan Kamu

komentar