GO-JEK: Pesan Ojek Dari Ponsel

ilustrasi

Ditengah kesibukan serta kemacetan yang kerap terjadi di ibukota, transportasi ojek bisa menjadi pilihan. Menggunakan kendaran motor yang lebih lihai, gesit, serta bisa menempuh jalan-jalan kecil, Ojek seakan menjadi penolong, terutama bagi kamu yang diburu waktu. Untuk itu dihadirkanlah aplikasi GO-JEK yang menawarkan layanan transportasi ojek dengan melakukan pemesanan bermodalkan ponsel. GO-JEK sendiri awalnya merupakan jasa penyedia layanan pemesanan ojek melalui internet. Dengan makin ramainya pengguna mobile, aplikasi yang dulunya hanya tersedia melalui situs resmi mereka saja, kini hadir aplikasi untuk Android serta iOS yang bisa didapat dari Store masing-masing.

Tampilan antarmuka dan fitur

GO-JEK menggunakan tampilan sederhana dengan fungsi utama yang langsung ditampilkan pada halaman utama. Beberapa fungsi lainnya ditempatkan dipojok kanan atas dengan tampilan ikon yang menjelaskan fungsinya. Semua ditampilkan dengan sederhana berbasis teks dengan latar putih. Kesederhanaan inilah yang membuatnya mudah dan ringan digunakan. Meski ojek identik dengan transportasi merakyat, aplikasi ini sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris dan belum menyertakan bahasa Indonesia.

interface

Untuk memanfaatkan seluruh layanan, pengguna mesti melakukan registrasi guna keperluan database mereka. Dari sini pengguna akan mendapati segala data pribadi pemilik akun, termasuk fitur GO-JEK Credit. Fitur ini merupakan saran pembayaran yang dilakukan pada saat pemesanan layanan. Jika kredit habis, pengguna bisa mengisi dengan melakukan transfer ke rekening GO-JEK. Bahkan Go-Jek menawarkan bonus kredit sebesar Rp50.000 jika kamu berhasil mengajak kerabat untuk menggunakan layanan ini.

GO-JEK menawarkan tiga fungsi utama. Yang pertama yaitu Instant Courier. Fungsi ini bisa digunakan jika ingin memanfaatkan layanan ojek sebagai kurir guna mengantar barang. Setelah mengaktifkannya, kamu tinggal mengisi data pengiriman barang tersebut. Aplikasi ini nantinya akan menampilkan biaya yang mesti dibayar serta informasi seputar pengiriman barang tersebut.

Fungsi kedua yaitu Transport yang bisa dimanfaatkan untuk mengantar kamu ke berbagai tujuan. Prosedurnya sama seperti Instant Courier dimana pengguna mesti mengisi lokasi serta tujuan yang hendak dicapai. Setelah mendapatkan konfirmasi biaya dan lainnya, kamu tinggal menunggu ojek datang.

transport

Fungsi Shopping menawarkan layanan yang unik. Kamu bisa memesan belanjaan dan nantinya GO-JEK akan mengantarkannya langsung ke rumah. Kamu tinggal menulis daftar belanjaan yang diinginkan dan GO-JEK akan ‘membelikannya’ sementara. Nantinya kamu tinggal melakukan pembayaran di tempat sebesar belanjaan yang kamu pesan ditambah biaya layanan. Belanjaan yang dipesan bisa berupa makanan, bahan pokok, ataupun tiket. Syaratnya, barang tersebut bernilai tidak lebih dari satu juta rupiah.

shopping

Dari sisi pengoperasian, aplikasi ini cukup ringan, gegas, dan gampang digunakan. Karena memanfaatkan fungsi GPS serta koneksi internet, keakuratannya tergantung dari perangkat yang digunakan. Fungsi GPS sendiri berguna untuk melacak lokasi dimana Anda berada saat hendak mencantumkan alamat . Pengguna juga nantinya bisa melacak keberadaan pengiriman melalui fasilitas dari GO-JEK.

Kesimpulan:

Bagi yang sering terjebak macet dan diburu waktu (terutama di wilayah jakarta), aplikasi GO-JEK merupakan salah satu aplikasi yang layak terpasang di perangkat mobile. Dengan metode pemesanan yang unik, praktis, dan mudah, kamu bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat karena menggunakan motor ojek yang lebih gesit, terutama saat kondisi lalu lintas sedang macet. Apalagi layanan yang diberikan tidak hanya sekedar mengantar penumpang, tetapi juga mengantar barang titipan, sampai belanjaan.

GO-JEK

Pengembang: PT Go-Jek Indonesia

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 4.0 keatas, iOS 7.0 ke atas

Ukuran file: 4,3 MB (Android), 22,6 MB (iOS)

Situs: http://www.go-jek.com

Tanggapan Kamu

komentar