• Home »
  • Trik »
  • Yang Bisa Dilakukan Windows Phone Meski Dalam Kondisi Terkunci

Yang Bisa Dilakukan Windows Phone Meski Dalam Kondisi Terkunci

ilustrasi-lockedMengunci ponsel memiliki tujuan agar pengguna terhindar dari kesalahan saat tertekan dengan tidak sengaja. Dengan mengaktifkan fitur password, pengguna juga bisa melindungi ponsel agar orang lain tidak bisa menggunakan atau mengakses ponsel tersebut. Dan bagi yang mengaktifkan fitur password, terkadang pengguna harus direpotkan untuk mengisi password tiap kali hendak menggunakan ponsel tersebut. Namun tahukah bahwa ada beberapa fungsi yang tetap bisa digunakan meski ponsel Windows Phone dalam keadaan terkunci oleh password? Berikut diantaranya:

1. Telepon darurat
Emergency call berguna saat pengguna membutuhkan bantuan dikala ponsel tidak bisa dibuka oleh password. Disaat pengguna lupa akan password locked screen, emergency call bisa menjadi alternatif dalam menggunakan ponsel secara darurat. Untuk menggunakannya cukup dengan menekan tombol Power dan menggeser layar ke atas sampai tampil layar keyboard dengan fungsi tombol Emergency Call dibawahnya.

2. Atur suara ringtone
Jika kamu tidak ingin mendengarkan bunyi ringtone saat ada panggilan masuk, cukup tekan tombol fisik Power kemudian tekan tombol Volume sampai tampil Volume Bar di area notifikasi. Tekan ikon tanda panah untuk menampilkan pengaturan volume secara keseluruhan. Pada area ini pengguna bisa mengatur volume suara untuk Ringer+Notification, Media+Apps, serta mengaktifkan fungsi Vibrate (getar).

3. Kamera
Kamu bisa langsung menggunakan kamera meski ponsel dalam kondisi terkunci. Hanya saja sebelumnya mesti melakukan pengaturan terlebih dahulu. Masuk ke daftar aplikasi dan pilih Photos>More (dengan menekan ikon tiga titik)>Settings. Beri tanda centang pada pilihan Press and hold camera button to wake up the phone. Sayangnya, fitur ini hanya berlaku pada ponsel yang memiliki tombol fisik shutter kamera. Setelahnya, kamu bisa langsung mengakses fungsi kamera dengan menekan tombol shutter secara langsung meski kamera dalam kondisi terkunci.

4. Musik dan podcast
Saat mendengarkan musik dan ponsel dalam kondisi terkunci, pengguna bisa langsung melakukan fungsi rewind, fast forward, pause, atau play. Caranya cukup dengan menekan tombol Power dan beberapa fungsi pada player musik akan tampil.

5. Panggilan telepon
Saat panggilan telepon masuk, pengguna bisa melihat nomor telepon yang masuk (selama telah menyimpan nomor tersebut di daftar kontak) dan memutuskan apakah ingin menjawab atau tidak. Dalam kondisi layar terkunci, pengguna bisa langsung menerima telepon dengan menekan tombol Answer. Dan jika tidak ingin menjawabnya, tinggal geser keatas atau tekan Slide Up dan tekan Ignore untuk mengirimnya ke voicemail. Pengguna juga bisa menekan Text Reply untuk langsung mengirim pesan melalui SMS.

6. Kalender
Melalui tampilan lock screen, pengguna bisa melihat waktu seperti jam atau tanggal melalui fungsi kalender. Bahkan segala jadwal maupun appointments yang sebelumnya telah dibuat melalui kelender, secara otomatis akan tampil sebagai pengingat berupa ikon tertentu. Untuk mengaktifkannya masuk ke Settings>Lock screen. Pada pilihan Choose an app to show detailed status, pilih Calendar.

7. Pesan yang terlewat
Saat sibuk atau sedang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan memegang ponsel, beberapa notifikasi akan tampil saat dalam kondisi layar terkunci. Ikon-ikon yang ditampilkan sesuai dengan pesan yang masuk. Untuk SMS dan telepon masuk akan terlihat pada tampilan ikon yang terletak di bagian bawah. Sedangkan untuk notifikasi berbasis internet seperti chat dari Whatsapp atau BBM, akan tampil di notifikasi bagian atas.

Tanggapan Kamu

komentar