Dalam 30 Tahun, .COM jadi Brand Terpercaya

DotCom_LogoJAKARTA, PCplus – Ada yang tahu nama domain .COM pertama dan kapan ia muncul? Domain .COM pertama itu adalah Symbolics.com. Nama ini didaftarkan 30 tahun lalu, tepatnya 15 Maret 2000.

Peringatan ulang tahun nama domain .COM pertama itu dilakukan Verisign yang merupakan pemimpin global dalam nama domain dan keamanan internet, dan operator untuk nama domain .COM. Selama kurun waktu 30 tahun, Internet telah berkembang pesat. Bermula dari kalangan akademisi dan peneliti, ia menjadi sarana komunikasi global, perdagangan, dan berbagi informasi yang tidak dapat tergantikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hari ini, menurut Verisign, nyaris 3 miliar individu telah terhubung ke internet. Di Amerika Selatan, penjualan e-commerce telah menghasilkan lebih dari US$ 300 miliar. Sementara itu lebih dari US$ 1,3 triliun untuk penjualan e-commerce di dunia bergantung pada internet.

Nama domain .COM kini telah diakses triliunan kali setiap harinya. Perusahaan-perusahaan memanfaatkan pengakuan global dan brand appeal dari .COM untuk menumbuhkan bisnis mereka dan menjangkau pelanggan secara global.

Jutaan pelaku usaha telah merealisasikan mimpi mereka dengan membangun bisnisnya secara online melalui .COM, dan nama-nama besar di internet telah menggunakan .COM sebagai alamat nama domain mereka, mensejajarkan .COM dengan internet. Mulai dari Amazon.com, yang mendaftarkan nama domainnya pada tahun 1994, lalu Google, yang mendaftarkan Google.com sebagai nama domain pada tahun 1997, hingga bisnis skala kecil dan menengah yang baru-baru ini mendaftarkan nama domain mereka, seperti Enduracenter.com, NaturallyCoolKids.com, atau PantryFullofRecipes.com, yang didaftarkan pada 2015.

“.COM merupakan lebih dari sekedar alamat website, namun juga merupakan brand global terkemuka dan terpercaya yang dimana hampir seluruh bisnis global terkemuka, termasuk 100 persen dari daftar perusahaan Fortune 500, telah mempercayakan eksistensi mereka di internet pada .COM,” kata Jim Bidzos (Executive Chairman, President dan Chief Executive Officer, Verisign). “Ulang tahun .COM yang ke-30 merupakan sebuah pencapaian bersama kita yang patut untuk diperingati.”

Dengan jumlah total nama domain .COM yang tersedia mencapai 10 pangkat 98, dan nyaris setengah dari semua nama domain .COM terdiri dari dua atau lebih kata kunci dalam Bahasa Inggris, terdapat kesempatan yang luar biasa untuk mendaftarkan nama domain .COM yang mudah diingat, deskriptif, dan orisinil.

Tanggapan Kamu

komentar