Prospek PC Desktop Masih Cerah

William Hartoyo (Desktop/AiO Product Manager, Asus Indonesia) menunjukkan produk ASUSPRO DT510MT di Jakarta

William Hartoyo, Desktop/AiO Product Manager – Asus Indonesia (kanan), menunjukkan produk ASUSPRO D510MT di Jakarta. (foto: Dok. Asus)

Jakarta, PCplus – Kendati tidak semeriah penjualan notebook dan perangkat mobile macam smartphone atau tablet, namun prospek penjualan PC desktop di Indonesia masih dianggap baik. Demikian disebut William Hartoyo (Desktop/AiO Product Manager, Asus Indonesia), di sela-sela workshop media untuk produk PC Desktop ASUSPRO D510MT di Jakarta.

“Desktop memang tidak semeriah notebook dan smartphone, tapi kita melihat masih banyak potensi untuk memasarkan produk ini di Indonesia,” kata William. Senada dengan William, Yohan Wijaya (Head of MNC Sales Intel Indonesia) mengatakan bahwa beberapa segmen saat ini lebih memilih PC desktop ketimbang notebook. “Contohnya kantor atau korporasi yang terbiasa dengan desktop maka akan tetap akan menggunakan produk yang sama. Apalagi desktop untuk bisnis lebih handal dibantu dengan teknologi terkini dari Intel,” sebut Yohan.

Secara spesifik, segmen bisnis memang memiliki kebutuhan khusus untuk komputasi yang menunjang bisnis mereka. Beberapa fitur wajib seperti manajemen serta pemeliharaan yang mudah mutlak diperlukan oleh segmen ini. Itulah mengapa di acara yang sama Asus memperkenalkan lebih jauh fitur-fitur bisnis yang dikandung seri ASUSPRO miliknya.

“Seperti seri ASUSPRO lain, D510MT dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Ia disokong teknologi prosesor Intel generasi keempat serta punya fitur keamanan yang memadai,” jelas William. Ditambahkannya ASUSPRO D510MT juga hadir dengan kelebihan yang belum ada di seri ASUSPRO lain, yakni tool-less design untuk memudahkan pemeliharaan perangkat keras oleh tim teknologi informasi (TI). Dengan fitur tool-less ini, pengguna tak lagi memerlukan obeng atau perkakas lain untuk melakukan penggantian perangkat keras seperti hard disk, drive optis atau modul tambahan seperti kartu jaringan dan sebagainya.

ASUSPRO D510MT (dok. Asus)

ASUSPRO D510MT (dok. Asus)

William sempat memeragakan bagaimana ASUSPRO D510MT bisa dengan mudah dibongkar pasang tanpa menggunakan perkakas tambahan. Bahkan saat awak media dipersilahkan mencoba, mereka mampu memasang komponen hard disk dan drive optis sampai lengkap dan mampu beroperasi hanya dalam waktu 35 detik.

Desktop PC yang dipasarkan di kisaran harga 6,599 juta rupiah ini sudah memaket aplikasi penunjang seperti Asus Business Manager (ABM) untuk memudahkan pengelolaan dan optimalisasi sistem dari jarak jauh. ABM sendiri dibekali enam modul pengaturan antara lain. ABM System, Update, Security, Restore and Recovery, Power, dan Tools. Pada ABM System, IT manager dapat melihat seluruh konfigurasi sistem dengan cepat, termasuk BIOS dan beban kerja prosesor saat ini. Jika ia ingin memperbarui sistem komputer, seperti BIOS, driver dan aplikasi lainnya, ia cukup menggunakan tool ABM-Update.

Adapun desain tool-less milik D510MT ini meliputi pada pemasangan harddisk, drive optik, card reader, slot-slot ekspansi, sampai penutup sisi casing serta bezel depan dapat dilepas-pasang dengan mudah.

Spesifikasi ASUSPRO D510MT

Main Spec.
CPU Intel 4th Generation Processor, Core i3-4150 (3.50GHz, 3MB cache)
Operating System DOS
Memory 2GB up to 16GB dual channel DDR3
Storage SATA 1TB HDD
Display 18.5’” HD 16:9 1366 x 768
Graphics Intel HD Graphics 4400
Optical Drive DVD SuperMulti Drive 24x
Expansion Slot 1 x PCI
1 x PCI-e x 1
1 x PCI-e x 16
Port Front I/O Ports2 x USB 2.0, 2 x USB 3.0, 1 x Headphone, 1 x Microphone, 1 x Card Reader (Optional)
Back I/O Ports2 x USB 2.0, 2 x PS/2, 1 x VGA(D-Sub), 1 x DVI-D, 1 x COM Port (Serial Port) *on board I/O, 1 x Parallel Port *on board I/O, 1 x RJ45 LAN, 1 x 6 Channel Audio 3 Ports
Connectivity 1 x GB LAN, Support Wake On Lan function
Audio High Definition 8 Channel Audio
Weight (Kg) 13.5 kg
Dimension (cm) 180 x 364 x 393.5 mm
Utilities ASUS Business Manager (including Intel SBA), ASUS Remote Management,ASUS PC Diagnostics Tool
MSRP Rp6.599.000
Warranty 3 years (service and parts)

Tanggapan Kamu

komentar