Solusi Canggih KABA ini Bisa Deteksi Narkoba Sampai Bom

Contoh implementasi Orthos Personal Interlock System dari KABA (dok. KABA)

Contoh implementasi Orthos Personal Interlock System dari KABA (dok. KABA)

Jakarta, PCplus – Pernah nggak kamu diperiksa saat mau masuk ke pusat perbelanjaan, hotel atau tempat ramai lain. Rasanya pasti nggak nyaman ya. Nah, ketidaknyamanan tadi sebenarnya bisa dijawab dengan solusi yang lebih canggih tapi tetap aman. Salah satunya dengan produk milik KABA yang baru saja didatangkan oleh PT. Datascrip ini.

KABA sendiri merupakan penyedia solusi keamanan dengan teknologi mutakhir. Di Indonesia, KABA bekerjasama dengan Datascrip memasarkan dua perangkat keamanannya, yaitu Orthos Personal Interlock dan Argus Self Boarding Gates.

Orthos Personal Interlock merupakan perangkat pendeteksi canggih yang bentuknya menyerupai pintu. Ia mampu mendeteksi berbagai subtansi, termasuk bahan peledak sampai jenis narkoba yang dibawa seseorang saat melewati pintu ini. Dengan Orthos, analisis otomatis terhadap substansi materi bahan peledak dan narkoba bisa dilakukan sepenuhnya oleh sistem tanpa pendampingan staf. Menurut pembuatnya, perangkat ini mampu “mengendus” substansi tadi secara akurat sampai bahan bermuatan kurang dari 10 mikrogram.

“Bandara, bea cukai, pos perbatasan negara, fasilitas publik, instansi pemerintahan ataupun militer serta pusat data bisa memanfaatkan perangkat keamanan yang memiliki kombinasi unik ini untuk menerapkan prosedur keamanan yang sepenuhnya otomatis,” kata Sylvia Lionggosari – Direktur Divisi pt. Datascrip.

Lain lagi dengan Argus Self Boarding Gates yang merupakan sistem “check-in” otomatis yang bisa digunakan ditempat semacam bandara atau terminal bis, kereta atau kapal laut. Solusi ini disebut mampu mengurangi antrian yang kerap terjadi di terminal yang padat penumpang. Sebab begitu penumpang melewati pemeriksaan keamanan, mereka tak lagi perlu menghubungi staff bandara untuk melakukan check-in.

Penumpang cukup menempelkan kartu boarding (boarding pass) miliknya ke alat pembaca khusus untuk dilakukan pemeriksaan data. Jika tiket atau boarding pass dinyatkan valid, maka gerbang akan terbuka dalam hitungan detik. Tiket yang bisa dipakai pun beragam, baik yang tersimpan secara elektronik di perangkat mobile maupun yang berbentuk kertas (dengan membaca barcode 2D).

Argus memberikan tingkat keamanan maksimal karena kecanggihan teknologi sensornya dapat mendeteksi apabila lebih dari satu orang berusaha menerabas masuk. Sebagai tambahan, teknologi ini menjamin tidak ada seorang pun yang terjebak di pintu putar.

 

Tanggapan Kamu

komentar