Google Fit: Pantau Aktivitas Kesehatan Penggunanya

google-fit

Google Fit merupakan aplikasi pemantau aktivitas maupun kegiatan olahraga dengan kemampuan mencatat pergerakan pengguna sepanjang hari. Setelah terpasang di perangkat Android, aplikasi ini bekerja menggunakan sensor guna mengumpulkan data dari pergerakan yang dilakukan penggunanya. Dengan merekam aktivitas yang diinginkan, bisa menjadi referensi akan pencapaian dan perkembangan yang telah dilakukan. Dengan feature yang ada didalamnya, memungkinkan pengguna untuk mencapai target-target tertentu.

User interface dan fitur

Tampilan aplikasi dengan warna dasar putih polos menegaskan bahwa kesederhanaan dan kemudahan pakai menjadi salah satu daya tarik yang dihadirkan Google. Beberapa tulisan serta ikon-ikon sebagai penanda aktivitas bisa dengan cepat mudah dimengerti penggunanya. Pengguna juga bisa memilih tampilan yang diinginkan, misalnya berupa data berbasis teks ataupun grafik. Pilihan Menu juga tidak menampilkan banyak pilihan yang bisa jadi malah membingungkan.

Sebelum memulai, pengguna diminta untuk mengisi profil guna melihat perkembangan fisik yang berhasil dicapai, seperti tinggi, casino online berat badan, dan juga gender. Jika ingin mengubah data yang telah dibuat, pengguna bisa masuk ke bagian Menu>Settings.

Saat pertama dijalankan, pengguna akan langsung ditawarkan untuk menentukan target dari aktivitas keseharian yang dilakukan. Diantaranya target harian yang mencakup jarak langkah rata-rata perhari yang ditempuh. Pengguna bisa menentukan aktivitas yang hendak dipantau Google Fit, diantaranya seperti berjalan, berlari, atau bersepeda setiap harinya. Nantinya Google Fit akan menampilkannya dalam bentuk statistik berupa angka ataupun grafik.

target

Data yang berhasil dikumpulkan ini nantinya akan ditampilkan pada perangkat lain yang digunakan. Update terbaru dari segala aktivitas yang berhasil dicatatkan akan langsung ditampilkan pada perangkat yang telah terpasang Google Fit, termasuk komputer, perangkat mobile, atau Android Wear. Dari hasil tersebut, Google Fit akan memberikan rekomendasi target yang mesti dicapai jika ingin meningkatkan kemampuan fisik penggunanya.

Jika ingin menambah aktivitas yang ingin dipantau, Google Fit menyediakan berbagai kegiatan. Caranya dengan menekan Menu>Add activity. Tentukan waktu serta durasi aktivitas yang dilakukan dan jenisnya. Pilihan jenis yang didukung oleh Google Fit terdiri dari puluhan cabang olahraga. Setelah selesai mengatur, tekan Save.

activity

Kesimpulan

Sebagai penantang langsung dari aplikasi pesaing milik iOS 8 yaitu HealthKit, Google Fit menampilkan kesederhanaan dalam segi tampilan, namun lengkap dari sisi feature. Apalagi mendukung pula wearable device seperti Android Wear, membuatnya tidak kalah canggih dengan pesaingnya tersebut. Google Fit bisa menjadi aplikasi pendukung yang tepat dalam memantau aktivitas keseharian penggunanya, termasuk olahraga.

Google Fit

Pengembang: Google Inc

Lisensi: Gratis

Ukuran file: 15 MB

Dukungan sistem: Android 4.0 keatas

Situs: https://fit.google.com

Tanggapan Kamu

komentar