Aih, Ada Jasa Kurir Barang Pakai Drone

bizzby drone1JAKARTA, PCplus – Tahu drone kan? Itu loh pesawat nirawak, alias yang dikendalikan via remote control. Drone punya banyak manfaat. Tidak hanya untuk dipakai memotret dari angkasa, tapi juga sebagai jasa pengantar barang, alias kurir barang.

Jasa drone on-demand ini baru saja dimulai di Inggris. Maka siapa pun bisa menerima dan mengirimkan barang via robot terbang kapan saja.

Diklaim sebagai pertama di dunia yang menawarkan jasa seperti ini, layanan drone app Bizzby mulai beroperasi setelah mendapatkan ijin dari Civil Aviation Authority (badan penerbangan sipil) dan House of Lords, yang meluluskan undang-undang drone (Drone Bill) setelah enam bulan melobi ijin terbang drone. Bizzby sudah menyelesaikan serangkaian “koridor drone” yang memungkinkan mesin-mesin itu terbang dengan aman di atas jalan-jalan di kota London.

Drone ini bisa diperintah via app Bizzby untuk datang ke lokasi penjemputan dalam hitungan menit. App menginformasikan tarif untuk layanan antar, lalu memberikan perkiraan waktu pengantaran. Sebuah kotak penyimpan yang aman dan terotomasi kemudian dibuka agar pengguna bisa memasukkan apa pun asalkan tak lebih berat dari 500 gram.

Begitu booking dikonfirmasi, drone Bizzby Sky dikirimkan ke lokasi yang diiinginkan dengan bantuan GPS. Sebuah kamera on-board menyajikan pandangan real-time dari perjalanan itu kepada penerima langsung dari app. Setiba di tujuan, barang dikeluarkan dari kompartemen berpengaman tadi.

Drone ini akan terbang 100 kaki di atas jalan-jalan kota London. Ketinggian ini, kata Bizzby, diambil untuk menghindari tabrakan, geo-fencing dan sistem pemandu laser.

“Drone Highways kami dirancang untuk memastikan keamanan sesuai dengan standar peraturan, dan teknologi signalling paten kami memungkinkan drone terbang tanpa dikendalikan orang dengan menggunakan sensor-sensor state-of-the-arts,” kata Founder dan CEO Bizzby Rohan Sinclair Luvaglio.

App Bizzby ini unik karena menawarkan pemindahan barang-barang dari satu tempat ke tempat lain. Ini berbeda dengan drone Prime milik Amazon yang fokus pada pengantaran barang yang dibeli melalui website.

App Bizzby tersedia untuk smartphone dan tablet iOS dan Android. Bizzby juga menawarkan fasilitas on-demand lainnya seperti jasa kebersihan, tukang dan layanan yang bersifat memanjakan. Layanan lain, seperti orang dan mobil van, babysitting, perbaikan telepon, servis gas dan tukang kunci, juga akan segera ditambahkan.

Tanggapan Kamu

komentar