Qlue: Cara Mudah Curhat Kondisi Seputar Ibukota

Screenshot_2015-03-02-16-54-14

Guna menjadikan Jakarta sebagai smartcity, beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta, menyarankan pengguna smartphone agar memasang aplikasi yang direkomendasikan pemerintah provinsi Jakarta. Setelah Safetipin dan Swakita, ada satu lagi aplikasi sejenis bernama Qlue. Qlue merupakan aplikasi berbasis media sosial yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan masalah utama pada lingkungannya.

Tidak hanya melaporkan, pengguna juga bisa menangkap momen penting disekitarnya menggunakan foto dan lokasi dan mengunggahnya ke Qlue. Tujuan Qlue adalah untuk meningkatkan kepedulian publik terhadap lingkungan dan mendukung pemerintah memperbaiki masalah di Jakarta. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi penilaian kinerja lurah dan camat setempat dalam menindaklanjuti keluhan warga. Cara ini tentu lebih mudah, cepat, dan murah dibanding harus blusukan untuk melihat kondisi atau lingkungan secara langsung.

User interface dan fitur

Tampilan antarmuka memiliki konsep minimalis yang mirip dengan material design ala Android Lollipop. Dengan dominasi warna putih dan biru, tiap informasi ditampilkan terpisah sesuai dengan kategori yang tersedia sehingga tidak sulit bagi penggguna untuk membuat atau mencari informasi serta keluhan yang ada. Tidak heran jika beberapa tampilan, seperti Menu, agak mirip dengan aplikasi Mail bikinan Google. Qlue memang bekerja sama dengan Google, terutama dalam hal aplikasi berbasis lokasi. Jika masih bingung, Qlue memberikan panduan pengguna melalui kategori Tips serta Faqs yang terdapat pada Menu.

interfaceBagi Anda yang ingin memberikan informasi atau keluhan bisa langsung menekan tanda lingkaran + berwarna merah yang terdapat di bagian kiri bawah. Akan terdapat dua pilihan yaitu Laporan Mata serta Membuat Forum. Pilihan Laporan Mata akan memberikan kesempatan pada warga untuk melaporkan kejadian atau keluhan. Sedangkan Membuat Forum bisa Anda jadikan sebagai ajang diskusi dengan warga lainnya guna menemukan solusi bersama atau sekedar saling berbagi informasi. Bagi yang ingin melaporkan keluhan, setelah memilih Laporan Mata, bisa menampilkan foto atau gambar guna mendukung laporan yang dibuat guna ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat. Selanjutnya Anda bisa memasukkan informasi tersebut sesuai dengan kategorinya.

keluhan

Laporan atau keluhan yang sudah diposting akan ditampilkan pada kategori Keluhan Masyarakat. Dari laporan yang ada pengguna lain diharapkan menjadi lebih awas sebelum ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Tiap laporan yang masuk akan ditandai dengan Status Pelaporan yang terdiri dari 3 warna sesuai statusnya. Warna merah berarti masih menunggu ditindaklanjuti, warna kuning berarti sedang ditangani, dan warna hijau yang berarti masalah sudah ditangani.

Meski tujuan utama aplikasi ini untuk melaporkan keluhan serta laporan warga, Qlue juga menyediakan fungsi lain yang berguna untuk menampilkan segala aktivitas warga maupun pemerintah provinsi di lingkungan mereka masing-masing. Fungsi bisa dilihat pada kategori yang tertera dibagian atas seperti Apresiasi Masyarakat, Kuliner, Liburan, Produk & Jasa, Acara, Kesehatan, Bisnis, serta Pendidikan. Fungsi ini juga bisa sebagai ajang para warga untuk saling berinteraksi serta menampilkan aktivitas keseharian mereka.

aktivitas

Guna memberikan apresiasi serta melihat kinerja yang telah dilakukan pihak terkait, aplikasi ini juga memberikan ranking kepada perorangan dari pihak warga ataupun instansi dari pihak pemerintah daerah. Hasil ranking ini dihitung berdasarkan tingkat aktivitas sang pelapor ataupun respon dari keluhan yang telah ditangani pihak pemerintah daerah. Bahkan bagi warga pelapor yang aktif dengan nilai tertinggi akan diberi hadiah berupa satu buah topi yang dibagikan tiap bulannya.

ranking

 Kesimpulan

Qlue yang bekerjasama dengan Google memanfaatkan sistem lokasi berbasis pemetaan dari Google Maps sehingga informasi yang ditampilkan sangat jelas dan rinci. Meski terkadang masih dijumpai bug, pihak pengembang terlihat cepat tanggap dalam mengantisipasinya. Namun tanpa adanya sosialisasi serta partisipasi aktif dari pengguna, aplikasi bagus ini bisa jadi tidak terlalu membantu. Oleh karena itu mari kita ikut menggunakannya agar lingkungan Jakarta menjadi lebih baik lagi.

Qlue

Pengembang: TerralogiQ

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 4.0.3 keatas

Ukuran file: 14 MB

Situs: http://www.terralogiq.com, http://qluein.com

Tanggapan Kamu

komentar