Saat Komputer Tidak Mau Booting

Windows-Boot

Permasalahan yang kerap dijumpai pada komputer adalah proses booting yang tidak sempurna atau prosesnya yang terhenti di tengah jalan. Selama permasalahan terletak pada sistem operasi Windows, maka instal ulang memang merupakan cara termudah. Tapi cara ini paling tidak disukai banyak orang karena prosesnya yang memakan waktu dan merepotkan. Sebelum melakukan hal tersebut atau sebelum kamu membawanya ke teknisi, lebih baik kamu mencoba beberapa cara yang PCPlus tunjukkan.

Safe Mode

Kamu bisa mencoba melakukan booting melalui Safe Mode. Untuk menampilkan Safe Mode, bagi pengguna Windows 7, kamu mesti restart kembali PC, dan secepatnya tekan tombol F8. Nantinya akan tampilan pilihan menu yang salah satunya akan menampilkan pilihan Safe Mode. Jika cara ini bisa membuat kamu masuk ke Windows, berarti permasalahan terletak pada driver atau aplikasi yang membuat crash atau bisa pula terjangkit virus.

dua-1

Namun bagi pengguna Windows 8.x, caranya agak berbeda. Untuk masuk ke Safe Mode, kamu bisa mengikuti cara dari tautan berikut.

Bantuan CD/DVD

Jika Safe Mode tetap tidak bisa memecahkan masalah (bagi pengguna Windows 7), kamu bisa mencoba menggunakan bantuan CD/DVD installer Windows. Kamu bisa melakukan booting dari sini dan melakukan repair Windows.

dua-2

Jika menemukan pesan tertulis “bootmgr is missing”, kamu bisa masuk ke command prompt dan ketik bootrec /fixboot, lalu restart kembali.

dua-2a

Booting dari Linux

Jika cara nomor dua masih belum memecahkan masalah, cobalah menggunakan bantuan CD Linux seperti Ubuntu atau Linux Mint (bisa juga menggunakan distro Linux yang lain). Lakukan booting dari sini dan lihat apakah sistem tersebut bisa bekerja dengan baik. Jika berhasil masuk ke dalam sistem operasi Linux dengan lancar, berarti permasalahan terdapat pada Windows kamu, dan instal ulang merupakan solusi yang mesti dilakukan. Jika pada Linux masih terdapat masalah, berarti permasalahan terdapat pada hardware.

Tanggapan Kamu

komentar