ISTC di FE Undip: Gairah Calon Investor Muda

istc2

 

Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro di kawasan Tembalang, Semarang, kali ini berkesempatan menjadi tuan rumah di ajang Indosat Stock Trading Contest (ISTC).  Diselenggarakan pada tanggal 6 Mei lalu, acara ini dibuka oleh Pembantu Dekan III  Fakultas Ekonomi Undip dengan menghadirkan berbagai nara sumber seperti Indosat, Indonesia Stock Exchange, serta WinGamers yang mengulas mengenai ISTC dan simulasi online trading menggunakan aplikasi WinGamers.

Menurut Diah Kusuma Dewi (CSR Officer Indosat), salah satu tujuan ISTC adalah membantu para kaum muda khususnya mahasiswa untuk belajar berinvestasi saham, melakukan online virtual stock trading dengan data aktual dari BEI secara live. “ISTC akan membantu mempersiapkan generasi muda dan pelajar untuk meningkatkan pemahaman berinvestasi saham sekaligus menjadi investor di pasar modal Indonesia,” kata Diah saat membawakan presentasi di hadapan para mahasiswa Undip. “Adanya ISTC ini dilatarbelakangi fakta bahwa jumlah investor saham domestik di Indonesia hanya berjumlah sekitar 500 ribu orang atau hanya sekitar 0,2 persen dibandingkan jumlah penduduk”, tambahnya lagi. Jumlah ini sangat kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta orang, jauh berbeda dengan kondisi di Singapura – dengan rasio investor mencapai 30 persen, dan Malaysia – dengan rasio investor mencapai 13 persen. Diah menyatakan bahwa ISTC ini sekaligus menjadi salah satu pilar CSR Indosat dalam hal edukasi, selain dua pilar lainnya yakni pemberdayaan perempuan dan inovasi.

Sementara Yohannes Sadguna (Business Development Director PT. Winratama Perkasa /pembuat WinGamers) menyatakan bahwa WinGamers menerapkan sistim virtual trading yang mudah digunakan, mudah diakses (berbasis web) dan memberikan petunjuk bagi calon investor untuk mempelajari cara berinvestasi di pasar modal. “Aplikasi ini juga menyajikan kiat-kiat yang harus dimiliki investor pemula untuk memulai investasinya kelak,” ujarnya kepada para mahasiswa.

Menurut Yohannes, ISTC ini merupakan program sosialisasi pasar modal kepada kaum muda dan kepada masyarakat umum secara luas. Saat melakukan simulasi trading online, hendaknya para peserta  senantiasa mengingat beberapa hal, yakni nomor ponsel Indosatnya, user ID dan password-nya, selalu memantau portofolionya di ISTC, serta selalu mengikuti perkembangan ISTC setiap hari.

Selain itu, kriteria pemenang program event kampus harus melakukan start trading bersamaan sesuai dengan yang ditentukan Panitia ISTC; member ISTC minimal harus satu kali melakukan transaksi  MATCH  (done), serta meraih kinerja tertinggi  (ROI – return of investment)  =  cash (virtual)  + portofolio saham (virtual). Sementara kriteria pemenang program dwimingguan adalah member ISTC harus minimal satu kali melakukan transaksi  MATCH  (done), meraih kinerja dengan ROI  (return of investment) tertinggi  =  cash (virtual)  + portofolio saham (virtual).

Dalam ajang ISTC di kampus FE Undip ini, terpilih Dionysius Purwandono Setyoputro, mahasiswa semester enam Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi Undip sebagai “King of Investar”.

 

Tanggapan Kamu

komentar