Ini Font Baru Buat Buku Elektronik Google

literata_12

Jakarta, PCplus – Google serius menggarap toko buku elektronik miliknya. Bahkan buat bikin pembacanya tambah nyaman, perusahaan internet terbesar di dunia ini mengembangkan jenis font baru yang nantinya akan dipakai di seluruh buku elektronik yang dipasarkan Google di tokonya.

Fontnya bernama Literata, dikembangkan Google bersama TypeFace yang memang sudah berpengalamanan membuat font-font unik. Literata ini nantinya akan menggantikan jenis font Droid Serif yang saat ini menjadi font default di Google Books. Lalu apa kelebihan Literata ini?

Seperti dikutip PCplus dari situs TheNextWeb.com, Literata dikembangkan khusus untuk buku elektronik agar lebih nyaman dilihat dalam waktu lama, termasuk dilihat dari beragam layar perangkat yang mengadopsi sistem operasi Android. Seperti diketahui, ragam perangkat Android saat ini memiliki teknologi dan resolusi layar yang sangat banyak, Literata akan mampu beradaptasi di semua teknologi rendering layar-layar itu.

Selain punya tampilan yang lebih baik untuk konten bacaan, Literata juga bakal menjadi ciri khas Google dalam setiap terbitan yang dijualnya, mirip ciri khas tampilan yang dimiliki perangkat baca populer macam Kindle atau Nook.

Literata sendiri dibangun mengambil inspirasi dari font Scotch dan Roman yang sudah lebih banyak dikenal orang. Oleh desainer UX senior Google, Addy Lee Beavers, Literata juga akan dibuat sedemikian rupa sehingga punya tekstur variatif agar membuatnya lebih menarik. Literata cukup kaya, ia memiliki 1100 karakter per font-nya, serta mendukung bahasa PanEuropean. Literata sudah bisa ditemukan di Google Books versi 3.4.5s

Tanggapan Kamu

komentar