Microsoft Umumkan Jalur Upgrade Windows 10

win10JAKARTA, PCplus – Sejak Microsoft mengumumkan bahwa pengguna Windows 7 dan 8 akan mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 dalam 12 bulan setelah meluncur, banyak pertanyaan yang muncul. Perangkat apa saja dan versi OS apa yang dimaksud Microsoft?

Kita lihat dulu SKU-nya.

Windows 10 Home: Ini adalah versi konsumer dari OS yang akan datang standar di desktop, laptop, dan platform 2-in-1. Windows 10 Home akan menyertakan Microsoft Edge web browser yang baru, kemampuan sign-in dan pengenal wajah yang maju, Cortana, sederetan aplikasi Windows, dan integrasi Xbox gaming.

Dalam blog post-nya Microsoft mengatakan kustomer Windows 10 Home akan mendapatkan akses untuk to “capturing and sharing” gameplay tetapi tidak menyebutkan fitur tambahan di sisi PC. Namun para pengguna Xbox One akan bisa men-stream game dari konsolnya ke sebarang PC Windows 10 yang ada di jaringan lokal.

Windows 10 Mobile: Windows 10 Mobile adalah versi tablet dan smartphone dari OS ini. Mirip Windows RT sih, tapi tanpa antarmuka desktop dan dukungan aplikasi lama yang dulu bikin bingung pengguna ketika tablet Surface pertama diluncurkan. Saat itu, pengguna sering mengira sebarang perangkat yang menawarkan desktop Windows yang tak asing itu juga bisa menjalankan program-program standar Windows.

Windows 10 Mobile akan menyertakan versi touch-optimized dari Office dan semua aplikasi “Universal” seperti Windows 10 Home. Menurut Microsoft, beberapa smartphone dan tablet akan menyertakan dukungan untuk Microsoft Continuum untuk ponsel.

Continuum adalah sebutan Microsoft untuk implementasi UI-nya yang fleksibel. Sambungkan sebuah mouse dan keyboard ke smartphone yang mendukung, dan UI ponsel akan berubah menjadi UI yang lebih sesuai untuk hardware tersebut. Sambungkan ponsel ke monitor, dan OS akan mengubah ukuran ikon dan font-nya agar pas dalam displai baru yang lebih besar.

Windows 10 Pro: Microsoft tidak menyebutkan banyak tentang fitur Windows 10 Pro yang membuatnya berbeda dengan versi konsumer. Namun biasanya versi Professional dari Windows mendukung beban RAM yang lebih besar dibandingkan versi Home. Punya kemampuan untuk meng-host sesi-sesi Remote Desktop, mendukung Bitlocker, dan mampu menampilkan beberapa app Windows Store, group policies, dan teknologi seperti Hyper-V.

Kita harus menunggu pengumuman berikutnya untuk melihat servis apa saja yang didukung Windows 10. Yang disebut-sebut dalam blog post Microsoft hanyalah Windows Update for Business.

Selain ketiga SKU itu masih ada SKU lain yang diluncurkan Microsoft. OS baru ini juga akn tersedia sebagai Windows 10 Enterprise, Windows 10 Education, dan Windows 10 Mobile Enterprise. Ini juga merupakan versi terakhir dari Windows yang diluncurkan Microsoft.

Lalu bagaimana jalur upgrade-nya? Ada hal-hal yang tak sepenuhnya dijelaskan dalam posting blog Microsoft. Misalnya, apakah mesin-mesin sekolahan yang menjalankan Windows 7/8 mendapatkan upgrade ke Windows 10 Home atau ke Windows 10 Education.

Namun bagi 99% konsumen, prosesnya sederhana. Kalau kamu punya Windows 7 Home atau Windows 8, kamu akan mendapatkan Windows 10 Home. Jika yang kamu miliki adalah Windows 7 atau Windows 8 Pro, kamu akan mendapatkan Windows 10 Pro.
Beberapa smartphone dan tablet mungkin juga punya opsi untuk upgrade ke Windows 10 Mobile, tapi Microsoft belum mengumumkan panduannya.

O ya, harga ritel untuk copy-copy baru OS ini juga belum diumumkan.

Tanggapan Kamu

komentar