Appaja: Panduan Keliling Seputar Jakarta Menggunakan Angkutan Umum

ilustrasi

Sebagai kota besar, wilayah Jakarta memang tidak terlalu luas, namun banyaknya jalan serta angkutan umum yang ada, ditambah lagi dengan ketiadaan media dalam memberi petunjuk tentang angkutan umum, bisa membuat siapa pun bingung menggunakanya. Jika ingin menuju suatu lokasi di Jakarta tapi tidak tahu angkutan umum yang akan digunakan, maka Appaja bisa dijadikan pedoman. Appaja sendiri merupakan kependekan dari Aplikasi Anggkutan Jakarta yang hadir sebagai panduan pengguna angkutan umum di Jakarta. Tidak hanya sebatas Jakarta saja, jaringan transportasi umum yang dipetakan meliputi Jabodetabek dan Banten.

User interface dan fitur

Tampilan yang disajikan aplikasi ini cukup menarik. Pengembangnya memberikan tampilan visual berbeda bagi masing-masing mode. Pada mode Map, memanfaatkan Google Maps, wilayah Jakarta ini dilengkapi dengan beberapa ikon berupa stasiun atau terminal. Tiap lokasi tertentu, terdapat informasi mengenai lokasi yang hendak ditempuh beserta keterangan angkutan umum dan tarif yang berlaku. Bahkan secara rinci aplikasi ini menampilkan ilustrasi kendaraan umum dalam bentuk, warna dan ukuran yang sesuai dengan aslinya. Appaja juga menambahkan berbagai informasi berupa tips yang ditampilkan secara teks agar cepat dan ringan digunakan. Hal ini tentu membantu memudahkan pengguna angkutan umum saat bepergian.

Appaja memiliki beberapa feature yang bisa dijadikan panduan pengguna saat bepergian menggunakan angkutan umum. Feature Map memberikan kemudahan pengguna untuk menentukan kendaraan apa saja yang mesti digunakan saat hendak menuju suatu lokasi. Setelah mengisi kolom From dan To, Appaja akan menampilkan estimasi waktu tempuh menggunakan kendaraan yang tersedia, jarak lokasi, serta perkiraan tarif dari angkuta umum yang digunakan.

mapJika ingin mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai kendaraan umum, gunakan feature Route. Disini Appaja menampilkan seluruh angkutan umum yang ada di Jakarta yang terbagi dalam beberapa jenis kendaraan. Dari jenis kendaraan, akan menyusut ke informasi yang lebih rinci mengenai jurusan dari tiap kendaraan umum beserta informasi tarif yang berlaku. Dari informasi ini, pengguna bisa memberi rating untuk memberitahukan apakah informasi tersebut akurat atau tidak.

route

Pengguna juga bisa saling berbagi informasi mengenai wilayah yang dikunjungi. Misalnya informasi kepadatan sebuah halte atau stasiun bisa didapat dari laporan pengguna di lokasi untuk memberi tahu pengguna lain agar mengambil keputusan yang paling eifisien. Dari tampilan peta, terdapat ikon tanda seru yang terletak di bagian bawah. Tekan tanda ini untuk memberi informasi secara langsung mengenai kondisi suatu lokasi. Informasi kepadatan sebuah halte atau stasiun akan ditampilkan melalui warna yang sesuai dengan kondisi saat itu.

lapor

Karena dibuat oleh pengambang asal Perancis, Appaja menampilkan sedikit tips bagi para turis asing untuk berkomunikasi melalui feature Tips dan Vocabulary. Kedua feature ini memberikan sedikit panduan mengenai tata cara berkendara umum yang ditampilkan dalam bahasa Inggris serta terjemahannya ke bahasa Indonesia. Selain menampilkan tarif kendaraan umum sebagai patokan agar tidak terkecoh supir jahil, panduan singkat ini bisa menjadi modal bagi para bule untuk mengetahui informasi secara langsung dari sang supir.

Kesimpulan:

Appaja merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki bagi kamu yang berada di Jakarta dan sering bepergian menggunakan angkutan umum. Informasi seputar lokasi serta angkutan umum yang tersedia ditampilkan secara lengkap dan juga selalu mengalami pembaruan sehingga pengguna bakal sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini.

Appaja

Pengembang: Appaja

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 2.3.3 ke atas.

Ukuran file: 8,2 MB

Situs: https://www.appaja.com

Tanggapan Kamu

komentar