Sebangsa: Media Sosialnya Anak Bangsa Dengan Fitur Unik

ilustrasi

Pengguna media sosial di Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna terbanyak di dunia. Sayangnya, sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi yang berasal dari luar negeri. Facebook, Twitter, sampai Path merupakan nama-nama populer yang cukup digemari di tanah air. Dengan alasan inilah, PT Sebangsa Bersama sebagai pengembang tanah air akhirnya menghadirkan aplikasi media sosial lokal tandingan dengan nama Sebangsa. Dengan menampilkan ciri khas sebagai media sosialnya anak bangsa, Sebangsa menampilkan konten lokal dan juga menggunakan pemilihan bahasa Indonesia baku. Selain itu pihak pengembang mengklaim bahwa Sebangsa merupakan media sosial pertama di dunia yang berfokus pada layanan publik. Dengan prinsip itu, setiap pengguna warga Indonesia tak hanya mengakses layanan saja, namun juga menciptakan manfaat dan layanan bagi warga lainnya.

User interface dan fitur

Sadar dengan popularitas dari media sosial populer dari luar negeri tadi, Sebangsa menghadirkan beberapa keunggulan yang dimiliki Facebook, Twitter, bahkan Path dan mengadopsinya di Sebangsa. Contohnya tampilan linimasa (Timeline) yang mirip seperti di Path dan Twitter atau pilihan ‘Like’ seperti di Facebook. Fitur dasar lainnya seperti posting teks, foto, audio, check-in lokasi, profil pengguna, jaringan komunitas, dan grup, semuanya ditampilkan pada Launcher di halaman utama sehingga memudahkan casino online saat hendak masuk ke masing-masing fungsi tersebut.

Pada tampilan launcher dari halaman utama, secara default ada 12 ikon yang memiliki masing-masing fungsi. Jika ingin berkirim pesan ke pengguna lain, grup, atau secara umum, Anda tinggal masuk ke fitur Buat Pesan dan nantinya akan ditampilkan pilihan menu tersebut. Atau Anda bisa melakukannya langsung dari launcher dengan menekan fitur Japri atau Grup. Begitu pula dengan fitur lainnya yang menegaskan fungsi masing-masing.

satu

Seperti disebutkan di atas, Sebangsa adalah platform media sosial yang berfokus pada layanan publik dimana pengguna akan dipermudah menghubungi pihak bersangkutan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan Sebangsa menghadirkan fitur unik yaitu Sebangsa 911. Sebangsa 911 bisa menjadi salah satu cara dalam memberikan laporan darurat terkait kejadian yang di lingkungan Anda seperti kecopetan, kehilangan barang, ataupun mendadak sakit. Pengguna dakan mendapati 6 menu yang kesemuanya merupakan wadah dalam memberikan sekaligus memantau laporan dari pengguna lain. Nantinya pesan-pesan tersebut bisa pula ditautkan ke berbagai pihak yang berkepentingan seperti rumah sakit, pihak kepolisian, serta lainnya.

Selain Sebangsa 911, ada juga fitur Sebangsa 1800. Fitur ini merupakan wadah pengaduan keluhan bagi pengguna maupun konsumen suatu produk. Konsumen tak hanya dapat melakukan pengaduan, tapi juga mampu menyampaikan saran, pertanyaan, atau diberi kesempatan mengulas sebuah produk atau layanan.

dua

Fitur unik lainnya yaitu fitur Kirim Pesan Panik dan Kirim Jaga-jaga. Keduanya punya fungsi sama namun makna berbeda. Pada Kirim Jaga-jaga, pengguna yang sedang berpergian dapat mengirimkan kondisi real time dirinya ke anggota lain yang diinginkan. Sehingga pengguna lain yang diminta memantau, dapat melihat kondisi terakhir temannya sampai tujuan atau tidak. Sementara, fitur Kirim Pesan Panik lebih konkrit dalam bentuk pesan bebasis suara. Dan pengguna bisa mengirimkan pesan suara ke maksimal lima teman ketika berada dalam kondisi genting.

Kesimpulan:

Sebangsa bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bergaul di media sosial namun juga ingin mendapatkan sesuatu manfaat bagi diri sendiri atau orang lain. Apalagi dengan fitur yang dapat melaporkan segala kejadian dan kondisi lingkungan, akan membuat para pengguna bisa saling menjaga dari segala kemungkinan buruk yang terkadang bisa ditimbulkan dari media sosial pada umumnya.

Sebangsa

Pengembang: PT Sebangsa Bersama

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 2.3 atau lebih tinggi; iOS 7.0 atau lebih tinggi

Ukuran file: 12 MB (Android), 20,4 MB (iOS)

Situs: https://sebangsa.com

Tanggapan Kamu

komentar