Intel Perkenalkan Thunderbolt 3 dengan Port USB-C

150602009801

PCplus – Pada gelaran Computex 2015, Intel memperkenalkan generasi terbaru dari Thunderbolt, Thunderbolt 3.

Selama ini Thunderbot hadir sebagai sebuah port ekslusif yang berbeda dengan port-port lainnya. Hal ini membuat para produsen jarang menghadirkan port Thunderbolt ini pada komputer yang berbasis Windows. Tapi, Thunderbolt 3 ini nantinya akan menggunakan port USB-C.

Navin Shenoy (vice president in Client Computing Group and general manager of Mobility Client Platforms, Intel) mengatakan bahwa Thunderbolt 3 ini merupakan sebuah port yang serba bisa. Thunderbolt 3 ini dapat menghubungkan dua layar 4K, bandwidth yang cepat, serta pengisian baterai yang cepat. Navin Shenoy juga mengatakan bahwa Thunderbolt 3 ini akan membuat USB-C menjadi sebuah solusi kabel tunggal. “Para OEM dan produsen akan menyukainya,” katanya.

USB-C merupakan standar port USB yang baru saja diperkenalkan baru-baru ini. Port USB ini memiliki bentuk port yang kecil, bisa dibolak-balik, bandwidth besar, mampu menyuplai tenaga, dan memungkinkan perangkat I/O lain untuk melewati jalur USB. Dengan begitu, Thunderbolt 3 ini dapat beroperasi dengan bentuk port USB-C untuk kompatibilitas yang lebih tinggi.

150602009802

Thunderbolt 3 ini mmampu menghadirkan bandwidth hingga 40 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat daripada standar USB 3.1 dan DisplayPort 1.2. Melalui koneksi Thunderbolt ini, maka pengguna bisa menghubungkan berbagai perangkat dalam satu sambungan, mulai dari monitor, jaringan, hingga grafis eksternal.

Tanggapan Kamu

komentar