Internet of Things (IoT) Bakal Makin Murah

Pakar internet, Onno W. Purbo (berbaju kuning) saat menjelaskan teknologi IoT di ajang Compfest di Jakarta. (foto: istimewa)

Pakar internet, Onno W. Purbo (berbaju kuning) saat menjelaskan teknologi IoT di ajang Compfest di Jakarta. (foto: istimewa)

PCplus, Jakarta –  Pakar telematika Onno W. Purbo menilai saat ini penggunaan perangkat keras sudah mudah dan murah, katanya saat berbicara  di ajang IoT Makers Meetup yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia, Jakarta.Menurut sesepuh internet Indonesia ini sekarang sejumlah perangkat seperti Raspberry Pi, Arduino, dan beragam sensor yang ada bisa dipakai untuk mitigasi bencana, salah satunya  dengan memanfaatkan konsep Internet of Things (IoT).

IoT Makers Meetup sendiri merupakan sebuah diskusi “pemanasan” yang diadakan menjelang kompetisi COMPFEST 7 yang diselenggarakan oleh Fasilkom Universitas Indonesia. Acara yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini juga dihadiri oleh Ketua Komunitas Arduino Indonesia Zerfani Yulias dan Adiatmo Rahardi Ketua Komunitas Robot Indonesia.

Adiatmo Rahardi selaku ketua dewan juri IoT COMPFEST 7 menyampaikan bahwa perlu ada kompetisi pembuatan aplikasi Internet of Things untuk membantu masyarakat dan berbagai pihak dalam pengurangan resiko bencana. “Kompetisi diperlukan agar kita siap jika menghadapi bencana dengan berbagai macam penemuan teman-teman IT” kata Adiatmo.
“Saya ingin sekali bahwa teman-teman developer IT berpikir membuat sendiri sistem IT untuk Indonesia. Saat ini orang Indonesia membayar US$ 300 juta hanya untuk lisensi perangkat lunak di komputer pribadi. Inilah saatnya kita menjadi produsen bukan hanya konsumen.” kata Onno menutup IoT Makers Meetup.

Tanggapan Kamu

komentar