AliExpress Shopping: Alternatif belanja dengan pilihan produk yang berbeda

ilustrasi

AliExpress memang belum seterkenal e-commerce populer di tanah air seperti Lazada, Bhinneka, atau Blibli. Namun dengan modal pengalamannya dalam berbisnis e-commerce secara global, AliExpress yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba.com, menghadirkan aplikasi AliExpress bagi pengguna di Indonesia.

Awalnya e-commerce ini mengkhususkan diri untuk menjual segala barang buatan Cina saja. Seiring makin berkembangnya pasar, kini pengguna bisa mendapatkan berbagai barang yang berasal dari luar Cina. Dan khusus di negara-negara tertentu seperti Indonesia, aplikasi ini menawarkan jenis-jenis produk yang telah disesuaikan dengan selera lokal.

Fitur dan antarmuka

Seperti aplikasi sejenis, AliExpress menampilkan berbagai produk highlight pada halaman muka. Jika ingin mencari barang lainnya, tersedia pilihan kategori yang cukup beragam. Tiap kategori menampilkan preview dari produk yang ditawarkan dan hanya ditampilkan berupa gambar thumbnail beserta harga saja, tanpa ada penjelasan mengenai nama produk tersebut. Jika ingin mengetahui lebih jelas, pengguna mesti menekan gambar tersebut. Hal ini tentu kurang praktis.

Sejak membidik pasar di Indonesia, AliExpress telah mendukung penggunaan bahasa Indonesia bagi konsumen di tanah air. Sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan konversi harga produk yang masih menggunakan kurs dollar amerika. Jika saja AliExpress telah mengkonversinya ke Rupiah, tentu hal ini makin menarik konsumen dalam berbelanja.

interfaceBagi Anda yang ingin berbelanja, mesti melakukan registrasi untuk membuat akun. Melalui akun tersebut, pengguna akan mendapati informasi mengenai aktivitas dalam berbelanja. Disini pengguna juga bisa melacak pesanan barang, berkirim pesan ke pihak penjualan, memasukkan daftar barang ke Wishlist, dan juga mendapatkan kupon promo. Pengguna juga bisa mengaktifkan notifikasi guna menampilkan berbagai promo terbaru.

Sebagai sarana berjualan, AliExpress tentu saja mengandalkan ragam produk yang bervariasi. Pilihan produknya cukup banyak yang ditampilkan berdasarkan kategori. Semua ditampilkan secara rapi dan terstruktur sehingga memudahkan konsumen terhadap produk yang diinginkan. Anda bisa memilih-memilih produk tertentu dan memasukkannya terlebih dahulu ke troli sebelum melakukan pembayaran. Jika Anda tertarik dengan suatu produk namun belum bisa membelinya, bisa memasukkan ke Wishlist. Hal ini memudahkan Anda untuk menemukan produk tersebut di kemudian hari.

Feature andalan lain yaitu adanya tawaran promo yang cukup menarik. AliExpress menghadirkan berbagai promo melalui program Super Deals yang berlaku pada waktu-waktu khusus. Pengguna juga akan ditawarkan berbagai produk pilihan yang terdapat pada menu Quality Picks. Pilihan produk ini berdasarkan rekomendasi langsung dari pihak AliExpress.

promoAliExpress memberikan penawaran menarik berupa gratis biaya pengiriman pada sekitar 75% dari produk yang ditawarkannya. Memang, selain barang yang Anda pesan berasal dari Cina, tidak sedikit pula barang yang dijual berasal dari Indonesia sehingga pemesanan bisa lebih cepat dan murah. Untuk memberi kenyamanan dalam hal keamanan, AliExpress telah dilindungi dengan feature keamanan agar pengguna merasa aman dan tidak was-was saat berbelanja.

Kesimpulan:

Dengan desain minimalis ala material design-nya Android Lollipop, AliExpress tampil ringan dan responsif meski memiliki database yang besar. Sebagai sebuah aplikasi e-commerce, AliExpress telah ‘memenuhi syarat’ guna menarik minat penggunanya. Penggunaan aplikasi yang mudah, ketersediaan barang yang lengkap, serta adanya promo menarik, memang menjadi daya tarik bagi pengguna dalam berbelanja dari ponsel.

AliExpress Shopping App

Pengembang: Alibaba.com

Lisensi: Gratis

Dukungan sistem: Android 2.3

Ukuran file: 6,64 MB

Situs: http://id.aliexpress.com

Tanggapan Kamu

komentar