Bikin Tampilan ScreenTips Sendiri di Word 2013

screentips

ScreenTips di aplikasi Word merupakan jendela kecil yang tampil secara otomatis saat kamu mengarahkan mouse ke suatu teks yang berisi deskipsi singkat dari kata tersebut. Feature ScreenTips ini secara default telah aktif di Word guna memberikan penjelasan singkat dari suatu fungsi. Asiknya, kamu bisa juga bisa membuat sendiri deskripsi dari ScreenTips pada suatu kata, kalimat, atau gambar yang dipilih sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengaktifkan feature tersebut melalui cara berikut. Buka Word 2013 dan buat dokumen baru. Klik File, pada pilihan yang ada, cari Options. Selanjutnya akan terbuka jendela Word Options. Pada pilihan General, dibagian kanannya, tentukan pengaturan pada Screen Tip Style ke Show feature descriptions in Screen Tips. Klik OK dan tutup jendela tersebut.

dua

2. Untuk menampilkan kata atau kalimat ScreenTip bikinan sendiri, kamu mesti memblok kata, kalimat, atau gambar yang ingin menampilkan ScreenTip. Setelahnya, klik tab Insert. Pada section Links, pilih Bookmark seperti pada gambar berikut.

tiga

3. Setelah memilih, akan tampil jendela Bookmark dan pada kolom Bookmark name, ketikkan kata ScreenTips. Selanjutnya klik Add dan jendela secara otomatis akan tertutup.

4. Berikutnya kita akan membuat bookmark tersebut terhubung ke link-nya. Jadi saat Anda klik link tersebut, akan tampil kata atau kalimat dari ScreenTip yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu pastikan kata, kalimat atau gambar telah diblok (highlight). Dan tekan tombol “Ctrl+K” untuk membuka jendela Insert Hyperlink dan pilih Place in This Document pada kategori Link to:.

lima

5. Pada jendela tersebut, lihat kolom disebelah kanan dan pilih Bookmarks. Lihat pilihan didalamnya dengan menekan tanda + untuk melihat pilihan yang ada. Jika kamu telah membuat kata ScreenTips sesuai langkah empat, maka akan tampil pilihan ScreenTips dan pilih kata tersebut. Untuk menampilkan teks pada ScreenTips tersebut, klik ScreenTip pada pilihan di kanan atas seperti tampak pada gambar.

enam

6. Buat teks berupa kata atau kalimat yang diinginkan sesuai dengan deskripsi dari ScreenTip ke dalam kotak ScreenTip Text pada jendela Set Hyperlink ScreenTip. Klik OK untuk menyudahinya, dan klik OK lagi untuk menutup jendela Insert Hyperlink. Setelahnya, kamu bisa coba mengarahkan mouse ke kata, kalimat, atau gambar yang ditambahkan ScreenTip tadi. Jika berhasil maka akan tampil teks yang kamu buat sebelumnya.

tujuh

Tanggapan Kamu

komentar