Apple Pay Dikenalkan di luar AS, Ini yang tak Boleh Dilakukan

apple payJAKARTA, PCplus – Pembayaran tanpa uang tunai alias cashless makin luas dipakai. Kalau di tanah air ada e-cash, skye, dompetku, dan lain-lain, di AS cara bayar tanpa uang tunai atau kartu kredit bisa juga dilakukan tanpa menyetuhkan kartu apa pun, alias contactless. Yang bisa melakukannya adalah pengguna Apple yang memakai metoda pembayaran Apple Pay. .

Tadinya sih Apple Pay hanya tersedia bagi pengguna Apple di AS (Apple baru saja menambahkan 35 bank dalam daftar pendukung Apple Pay). Namun kini metoda pembayaran praktis tersebut juga sudah mulai merambah ke luar AS. Negara pertama di luar AS yang disasar Apple Pay adalah Inggris. Terkait dengan peluncuran Apple Pay di Inggris (dan juga nantinya di negara-negara lain seperti Canada), ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh pemilik perangkat Apple. Ini demi menjaga keamanan mereka.

Researcher Global Research & Analysis Team, Kaspersky Lab David Emm mengatakan, pengguna Apple di Inggris yang sudah memasukan data kartu kredit atau kartu debitnya pada perangkat kini memang punya cara yang nyaman dan praktis untuk melakukan pembayaran sampai £20 tanpa perlu mengeluarkan kartu debit atau kartu kredit mereka. Ini berlaku untuk siapa saja yang memiliki iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch – yaitu perangkat Apple dengan NFC (Near Field Communication) chip.

Namun Emm mengingatkan pengguna untuk tidak menyimpan data kartu debit atau kartu kredit dalam perangkat. Emm menyarankan pengguna menyimpan data tersebut pada sebuah perangkat berupa token khusus (Device Account Number) dan kriptogram yang dihasilkan per transaksi. Menurutnya, hal ini mengurangi peluang pencurian data kartu dari pemakai Apple Pay. Bahkan jika token dan kriptogram disadap, Apple Pay tidak akan mungkin bisa dipakai. Ini karena pihak merchant tidak menyimpan data kartu debit atau kartu kredit, sehingga pelanggaran terhadap sistem mereka tidak akan berdampak kepada data kartu dari pemakai Apple Pay.

Emm juga menyebutkan agar pengguna Apple tidak melakukan ‘jailbreak’ terhadap perangkatnya. Jailbreak, katanya, dapat melucuti built-in security.

Satu lagi, pengguna Apple sebaiknya juga tidak membiarkan orang lain menyimpan sidik jarinya di perangkatnya. Ini untuk memastikan bahwa transaksi hanya dapat dilakukankan oleh pemilik perangkat.

Tanggapan Kamu

komentar