IBM Watson Belajar Mengritik Nada Tulisanmu

ibm watson Tone-AnalyzerJAKARTA, PCplus – Sudah empat tahun berlalu sejak mesin belajar IBM Watson mengalahkan manusia dalam kuis trivia Jeopardy melalui pengetahuan ensiklopedianya tentang segala hal. Ini cuma demo tentang teknologi sih. IBM telah menghabiskan banyak waktu setelahnya untuk menerapkan platform computing kognitif Watson dalam sejumlah aplikasi komersial di sektor perawatan kesehatan (healthcare), perbankan dan edukasi.

IBM baru saja mengungkap tool (eksperimental) baru dalam arsenal Watson, yakni Tone Analyzer. Ini memungkinkan Watson men-scan deretan teks dan memberitahukan nada penulisan berdasarkan penggunaan kata-kata dan pola kata. IBM membandingkannya dengan fitur pengecek ejaan yang dibangun di dalam setiap pengolah kata di dunia. Namun alih-alih mengecek untuk melihat apakah kata yang kamu tulis itu benar ejaannnya, ia memeriksa untuk melihat apakah nada tulisan kamu benar.

Konsep penulisan nada bahasa tentu saja lebih abstrak dibandingkan pemakaian ejaan dan tata bahasa. Namun Watson mungkin merupakan platform belajar mesin yang bisa melakukannya. Sistem ini punya akses ke berbagai informasi yang bisa dimanfaatkannya untuk memahami arti kata-kata dalam konteks – yang disebut natural language processing. Ini pula rahasia bagaimana ia mengalahkan manusia di kuis Jeopardy.

Ada API developer Tone Analyzer yang dapat dibangun ke dalam berbagai tool, tetapi juga ada demo yang dibuat IBM agar kamu bisa mencobanya. Ketika kamu memasukkan beberapa teks dalam Tone Analyzer, ia menyediakan data tentang tiga nuansa yang berbeda – emosi (emosi negatif, kemarahan dan keceriaan), sosial (keterbukaan, kehati-hatian dan persetujuan), dan nada penulisan (analitis, yakin dan tentatif). Kamu bisa melihat kecenderungan teks dari sejumlah kata yang dikenalinya dalam setiap kategori. Contoh, kebanyakan teks yang kamu temui pada situs seperti PCplus akan memiliki lebih sedikit kata pemicu emosi dibandingkan yang kamu temukan di kategori sosial dan penulisan.

Ide di balik ini adalah Watson bisa membuat tulisan kamu lebih baik dengan memastikan bahwa itu sesuai dengan tujuanmu. Kamu tentu tidak mau mengirimkan memo bisnis yang penuh dengan gaya tentatif dan emosi. Output dari demo ini memperlihatkan bagaimana Watson dapat menyoroti kata-kata yang dipilah ke dalam kategori-kategori, dan menawari kamu sinonim untuk memperkuat atau melemahkan aspek tertentu dari tulisanmu. Demo ini disertai pre-load memo bergaya bisnis, tetapi kamu juga bisa memasukkan teksmu sendiri.

Tanggapan Kamu

komentar